Geopark nasional ini kita akan ditingkatkan ke tingkat global dengan mendapat pengakuan UNESCO
Jakarta (ANTARA) - Tiga provinsi yakni Bangka Belitung, Lampung, dan Sumatera Barat sepakat menggunakan ajang Geopark Run Series (GRS) 2020 sebagai momentum untuk mengejar pengakuan dari UNESCO Global Geopark (UGG).

“GRS 2020 akan kita manfaatkan sebagai goes to UGG,” kata Bupati Agam, Sumatera Barat, Indra Catri dalam jumpa pers rencana penyelenggaraan Geopark Run Series 2020 di Jakarta, Kamis.

Ajang GRS 2020 sebagai wisata minat khusus yang dipadukan dengan wisata olahraga akan berlangsung di 4 lokasi destinasi wisata geopark (Taman Bumi) yakni Belitong, Ciletuh, Krakatau, serta Minang secara berseri dimulai dari Tanjung Kelayang, Belitong, pada 18-19 April 2020 dan akan diakhiri di Ngarai Sianok, Sumbar pada 28-29 November 2020.

Indra Catri menjelaskan pengalaman dari penyelenggaraan lomba lari Minang Geopark Run (MGR) pada 2018 dan 2019 melibatkan beberapa geopark di Kabupaten Agam dan mendapat pengakuan tingkat nasional.

“Geopark nasional ini kita akan ditingkatkan ke tingkat global dengan mendapat pengakuan UNESCO,” kata Indra Catri. Kabupaten Agam, menurut Indra Catri, mempunyai unggulan berupa daya tarik wisata alam geopark (Taman Bumi) berupa gunung, danau, maupun pantai serta daya tarik budaya masyarakat sekitarnya.

Baca juga: Sosialisasi Geopark Bangka Barat perlu digencarkan

Pada kesempatan lain, Kadispar Kabupaten Belitung, Jasagung Hariyadi menyatakan Kabupaten Belitung berharap dengan terpilihnya sebagai salah satu tuan rumah penyelenggaraan GRS 2020 akan memudahkan dalam mewujudkan destinasi geopark UGG pada tahun ini.

“Kita berharap tahun ini Belitung mendapatkan UGG. Pengakuan ini sangat penting dalam mempromosikan Tanjung Kelayang, Belitung yang telah ditetapkan pemerintah pusat sebagai salah satu dari destinasi prioritas atau 10 Bali Baru,” kata Jasagung Hariyadi.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Edarwan penyelenggaraan GRS 2020 akan digabungkan dalam rangkaian kegiatan Festival Krakatau yang akan berlangsung pada 29-30 Agustus 2020.

“Popularitas Krakatau yang mendunia akan kita jadikan sebagai ikon dari kegiatan ini. Penyelenggaraan GRS 2020 akan kita jadikan sebagai momentum untuk mendorong Provinsi Lampung kembali fokus menjadikan Krakatau sebagai destinasi geopark UGG,” kata Edarwan.

Baca juga: Minang Geopark Run dorong Sumbar jadi geopark kelas dunia

Ia menjelaskan, pada 2012 Provinsi Lampung pernah mengusulkan Krakatau agar mendapat pengakuan dari UNESCO, namun usulan itu hingga kini belum ada kelanjutannya.

Indonesia memiliki lebih dari 30 geopark dengan kekhasan alamnya masing-masing sebagai daya tarik sehingga menjadikan sebagai salah satu destinasi geopark menarik di kawasan Asia Pasifik.

Saat ini ada 4 geopark yang mendapat pengakuan UGG yakni Gunung Batur (Bali), Pegunungan Sewu (Yogyakarta), Gunung Rinjani (NTB), dan Ciletuh-Palabuhan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kadispar Kabupaten Sukabumi Dana Budiman menjelaskan, penyelenggaraan GRS 2020 mempunyai arti penting bagi Ciletuh untuk mempertahankan statusnya sebagai UGG. “UNESCO akan terus mengevaluasi status UGG Ciletuh. Event GRS 2020 ini kita manfaatkan sebagai salah satu kegiatan dalam rangka mempertahankan status UGG tersebut,” kata Dana Budiman.

Baca juga: Geopark solusi pembangunan ekonomi berkelanjutan

Penyelenggaraan GRS 2020 mempunyai media value atau media branding yang tinggi karena dipromosikan oleh media nasional dan internasional. GRS 2020 juga memberikan dampak langsung berupa awareness yakni terpromosikannya kawasan wisata sekitar geopark serta mendorong perekonomian masyarakat.

Program tersebut juga meninggalkan warisan yang bermanfaat bagi masyarakat yang akan berkunjung ke geopark melalui kegiatan Crowd funding dan Crowdsourcing antara lain pembuatan pembangunan toilet umum dan mushola, maupun penanaman bakau sebagai pelestarian alam.

Rangkaian kegiatan GRS 2020 antara lain field trip, ultra run 60K, celebration run 5K/10K/21K, charity program, dan diakhiri dengan pesta rakyat, yakni mengajak masyarakat untuk terlibat dan menikmati hiburan kesenian dan kuliner khas daerah setempat.

GRS 2020 akan berlangsung di Belitong (18-19 April 2020), Ciletuh (27-28 Juni 2020), Krakatau (29-30 Agustus 2020), dan Minang (28-29 November 2020).

Baca juga: Delegasi UNESCO Global Geopark akui keindahan Lombok

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020