Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo menekankan Indonesia adalah bangsa besar, bangsa petarung dan bangsa pejuang yang akan mampu menghadapi tantangan pandemi virus corona (COVID-19).

"Percayalah kita bangsa besar, bangsa petarung, bangsa pejuang. In syaa Allah kita bisa menghadapi tantangan global yang berat sekarang ini," ujar Presiden dalam konferensi pers dari Istana Merdeka, Jakarta, Selasa petang.

Baca juga: Jokowi minta Menkes tetapkan norma layanan kesehatan pasien COVID-19

Kepala Negara mengapresiasi gerakan masyarakat yang turut menyosialisasikan physical distancing atau menjaga jarak aman, dan terus mengingatkan seluruh pihak untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan itu.

Presiden menekankan hanya dengan kedisiplinan yang kuat Indonesia bisa mencegah penyebaran COVID-19.

"Saya ajak jajaran di pusat, daerah sampai level kelurahan dan desa untuk selalu tanggap situasi kesehatan dan ekonomi masyarakat. Kita harus kerja keras, bersatu, bergotong-royong menghadapi tantangan ini," jelas Presiden.

Adapun sepanjang Selasa, Presiden telah menggelar tiga rapat terbatas yang berkaitan dengan penanganan COVID-19, yakni pengarahan kepada gubernur dalam menghadapi pandemi COVID-19, kebijakan Ujian Nasional di tengah pandemi COVID-19, serta pembiayaan BPJS Kesehatan terhadap pasien COVID-19.

Baca juga: Jokowi minta kepala daerah hitung dampak sosial ekonomi COVID-19
Baca juga: Presiden Jokowi : Kebijakan soal UN jangan abaikan hak siswa
Baca juga: Presiden perintahkan gubernur buat rencana aksi detail soal COVID-19

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020