Palembang (ANTARA News) - Tim kesehatan yang tergabung dalam panitia penyelenggara ibadah haji (TPIH) tetap memeriksa suhu tubuh jamaah Sumatra Selatan (Sumsel) yang tiba di Bandara Internasional, Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Kepala Bidang Haji, Zakat dan Wakaf Kanwil Departemen Agama Sumsel Drs H Udin Djuhan di Palembang, Selasa, mengatakan tim kesehatan tetap memeriksa suhu tubuh termasuk kondisi fisik jamaah.

Pemeriksaan kesehatan dan suhu tubuh bukan hanya dilaksanakan pada saat pemberangkatan jamaah haji Sumsel saja tetapi juga saat kedatangan, kata dia lagi.

Menurut dia, semua itu tidak lain untuk mengantisipasi bila ada virus H1N1.

Namun, dalam pemeriksaan saat kedatangan dari kloter pertama hingga ketiga lalu belum ditemukan, dan semua jamaah dalam kondisi sehat.

Diharapkan semua jamaah asal Sumsel sepulang dalam menunaikan rukun Islam kelima sehat dan selamat sekaligus menjadi haji mabrur.

Untuk hari ini, Selasa (8/12), jamaah kloter empat akan tiba di Palembang, dan berdasarkan jadwal jam kedatangannya pada pukul 13.15.

Jamaah haji kloter empat itu berasal dari bimibingan haji A-Ghazali, Al Fatah dan Fetro Al Hajj yang semuanya dari Kota Palembang.

Jamaah dari Sumsel yang menunaikan rukun Islam kelima di Tanah Suci pada tahun 2009 sebanyak 6.349 orang, namun 24 orang di antaranya gagal berangkat karena meninggal dunia, sakit, dan urusan keluarga.

Pemulangan jemaah Sumsel dari Arab Saudi menuju Palembang itu dimulai pada tangal 3 Desember dan akan berakhir 31 Desember nanti.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Luki Satrio
Copyright © ANTARA 2009