Vientiane (ANTARA News) - Lifter Lisa Rumbewas meraih medali emas ketiga untuk tim angkat besi Indonesia di SEA Games 2009 Laos setelah menjuarai kelas 58kg dengan total angkatan 210kg di Komplek Universitas Nasional Vientiane, Jumat.

Meski pernah menyumbang medali perak di Olimpiade 2000 Sydney dan Athena 2004, ini adalah medali emas pertama bagi Lisa di ajang SEA Games.

Lisa dan ibunya Ida Korwa yang juga merangkap pelatih, berpelukan sambil menangis terharu begitu saingan terberatnya Sirikaew Mailor dari Thailand gagal melakukan angkatan clean and jerk seberat 118kg.

Sirikaew harus puas dengan medali perak setelah mencatat total angkatan 208kg pada kelas yang hanya diikuti oleh tiga negara itu.

Medali perunggu diraih oleh lifter tuan rumah Laos Lortoungdaue Mailor dengan total angkatan 137kg.

Lisa, anak kandung binaragawan Levi Rumbewas itu berhasil mengangkat barbel seberat 94kg pada jenis angkatan snatch dan hanya unggul satu kilogram dari Sirikaew.

Posisi Lisa dalam bahaya karena pada angkatan clean and jerk, ia hanya mampu mengangkat 110kg pada kesempatan pertama dan gagal pada angkatan kedua seberat 115kg.

Sementara Sirikaew berhasil dengan angkatan 116kg pada angkatan pertama dan membuatnya sementara unggul dalam total angkatan.

Tim pelatih tidak punya pilihan lain kecuali meningkatkan angkatan menjadi 116kg pada kesempatan terakhir dan ternyata keputusan tersebut tepat karena Lisa berhasil.

Seluruh pendukung Indonesia bersorak gembira ketika Sirikaew untuk kedua kalinya gagal melakukan angkatan seberat 118kg yang berarti Lisa unggul dengan total angkatan 210kg, sementara Sirikaew hanya 208kg.

"Saya hanya mengikuti instruksi pelatih karena hanya pelatih yang lebih tahu mengenai strategi pertandingan," kata Lisa dengan wajah masih bersimbah peluh ketika ditemui usai kemenangannya itu.

Lisa mengakui, kemenangan di SEA Games kali ini mempunyai arti khusus mengingat sebelum ini dia selalu, bahkan harus absen pada SEA Games 2007 di Nakhon Ratchasima karena cedera, meski ia sendiri sudah meraih dua medali perak di Olimpiade.

Sementara itu pelatih Indonesia lainnya, Sori Enda Nasution mengatakan bahwa strategi yang dipakai ternyata membuahkan hasil, yaitu dengan mengejar jenis angkatan clean dan jerk karena ia melihat di angkatan tersebut Sirikaew mempunyai kelemahan pada kakinya.

"Saya melihat lifter Thailand itu mempunyai kelemahan pada pijakan kaki sehingga tidak mungkin bisa mengangkat barbel lebih dari 118g," kata Sori yang mantan lifter nasional itu.

Sejauh ini, angkat besi Indonesia telah berhasil meraih tiga emas dari tiga lifter yang bertanding. Dua emas sebelumnya berasal dari Jadi Setiadi dan Eko Yuli Irwan.

Angkat besi Indonesia, pada pertandingan hari kedua ini, berpeluang meraih medali emas keempat karena Triyatno juga akan bertanding pada Jumat sore mulai pukul 15.00 WIB.

Perolehan tersebut masih bisa bertambah karena masih ada enam lifter lagi yang belum bertanding, yaitu Bayu Apriliawan, Sandow Nasution, Novi Yanti, Okta Dwi Pramita, Sinta Darmariyani dan Triyatno.(*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009