London (ANTARA News/Reuters) - Tim Lotus dukungan Malaysia memupuskan harapan Takuma Sato untuk kembali ke Formula Satu bersama mereka tahun depan, kata manajemen pembalap Jepang itu, Minggu.

"Kami tahu Taku tidak diterima oleh Lotus, kami mengetahuinya kemarin, kata manajer komersialnya, Mathew Winter kepada Reuters. "Ia kini tidak ada dalam daftar," katanya.

Tim Formula Satu Lotus, yang dikemudikan oleh pengusaha Perusahaan Penerbangan "AirAsia", Tony Fernandez, diharapkan akan mengumumkan susunan pembalapnya di Kuala Lumpur hari Senin, dengan pembalap Italia, Jarno Trulli, menjadi calon kuat sebagai pembalap tim tersebut.

Heiki Kovalainen dari Finlandia, yang digantikan oleh juara dunia Jenson Button di McLaren, akan menjadi rekan satu timnya, kata laporan harian regional Finlandia, Turun Sanomat, Minggu.

Sato, yang masih menjadi pembalap Jepang yang paling berhasil di Formula Satu, telah disebut tercantum dalam daftar pendek calon pembalap Lotus, dengan pembalap Malaysia, Fairus Fauzy, diharapkan menjadi pembalap penguji dan cadangan.

Winter mengatakan mantan pembalap Jordan dan Honda, Sato, yang tahun lalu membalap di Formula Satu untuk Super Aguri, merasa kecewa, tetapi belum menyerah untuk kembali ke Formula Satu.

"Kami tidak tahu apa kriteria (untuk Lotus)," katanya menjelaskan. "Kami kira ia merupakan pembalap tangguh, tidak ada pembalap Asia yang lebih baik daripada Taku.

"Kami belum menyerah. Masih ada beberapa kursi terbuka dan kami akan berusaha mendapatkannya," tambahnya. "Pilihannya semakin tipis, jadi kami tidak tahu apakah ia akan berada di Formula Satu tahun depan," katanya.

Sato tahun lalu dites untuk Toro Rosso, tetapi tim milik Red Bull itu sebaliknya memilih pembalap Prancis, Sebastien Bourdais, yang kemudian digantikan oleh Jaime Alguersuari. Pembalap Spanyol itu belum dipastikan oleh tim tersebut untuk tahun 2010.

Renault belum menentukan pembalap keduanya, dengan pemilik masa depan tim tersebut masih harus ditetapkan, sementara Sauber dan pendatang baru, US F1 masih mempunyai dua tempat untuk diisi.

Manor GP, yang tahun depan akan menjadi Virgin Racing, diharapkan akan merampungkan susunan pembalap mereka hari Selasa, dengan pembalap Brasi, Lucas Grassi, akan bergabung dengan pembalap Jerman, Timo Glock.

Pendatang baru yang bermarkas di Spanyol, Campos Meta, telah mengontrak Bruno Senna dari Brasil dan telah dikaitkan dengan Vitaly Petrov dari Rusia dan Pastor Maldonado dari Venezuela yang mempunyai dana yang baik.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009