Palembang (ANTARA News) - Kedatangan jemaah haji Sumatra Selatan kelompok terbang (kloter) pertama dari tanah suci terlambat sekitar empat jam dari jadwal yang ditetapkan sebelumnya.

Seharusnya kedatangan jemaah haji yang berjumlah 325 termasuk petugas itu di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Jumat pukul 10.30 WIB ternyata tiba pada 14.45 WIB.

Kepala Bidang Haji, Zakat dan Wakaf Kanwil Departemen Agama Sumsel, Drs H Udin Djuhan di Palembang membenarkan, keterlambatan itu karena jadwal pemberangkatan dari Arab Saudi mengalami perubahan.

Seharusnya jemaah haji Sumsel itu berangkat dari Arab Saudi, Kamis malam ternyata pemberangkatannya mengalami perubahan, ujar dia pula.

Oleh karena itu kedatangan jemaah haji Sumsel tersebut terpaksa tertunda sekitar empat jam, karena ada hambatan di Arab Saudi, kata dia lagi.

Namun, lanjut dia, walaupun terlambat beberapa jam jemaah yang tergabung pada kloter pertama itu tetap tiba di Palembang dengan selamat.

Sementara itu salah seorang keluarga jemaah haji yang menjemput, Rini mengatakan, ia tidak mengetahui adanya perubahan jadwal pemberangkatan sehingga pagi tadi langsung datang ke asrama haji.

Namun, setiba di depan asrama haji, ternyata embarkasi tersebut sepi karena kedatangan jemaah Sumsel kloter pertama mengalami perubahan.

Sebelumnya kloter pertama jemaah Sumsel itu berangkat ke tanah suci dari embarkasi Palembang pada 24 Oktober 2009 dan tiba kembali, Jumat.

Jumlah calon haji Sumsel yang tercatat untuk menunaikan rukun Islam kelima tahun 2009 ini sebanyak 6.349 orang, namun 24 diantaranya batal berangkat karena meninggal dunia, sakit dan urusan keluarga.*
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009