Palembang (ANTARA News) - Tim kesehatan yang tergabung dalam panitia penyelenggara ibadah haji tetap memeriksa suhu tubuh jemaah Sumatra Selatan (Sumsel) yang tiba di Bandara Internasional, Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Kepala Bidang Haji, Zakat dan Wakaf Kanwil Departemen Agama Sumsel, Drs H Udin Djuhan di Palembang, Selasa mengatakan, tim kesehatan tetap memeriksa suhu tubuh termasuk kondisi fisik jemaah.

Pemeriksaan kesehatan dan suhu tubuh bukan hanya dilaksanakan pada saat pemberangkatan jemaah haji Sumsel saja tetapi juga saat kedatangan, kata dia lagi.

Menurut dia, kesemua itu tidak lain untuk mengantisipasi bila ada virus H1N1.

Namun, dalam pemeriksaan saat kedatangan dari kloter pertama hingga ketiga lalu belum ditemukan, dan semua jemaah dalam kondisi sehat.

Diharapkan semua jemaah asal Sumsel sepulang dalam menunaikan rukun Islam kelima semuanya sehat dan selamat sampai ketujuan sekaligus menjadi haji mabrur.

Untuk hari ini, Selasa (8/12) jemaah kloter empat akan tiba di Palembang, dan berdasarkan jadwal jam kedatangannya pada pukul 13.15. Jemaah haji kloter empat itu berasal dari bimibingan haji A-Ghazali, Al Fatah dan Fetro Al Hajj yang semuanya dari Kota Palembang.

Jemaah dari Sumsel yang menunaikan rukun Islam kelima di tanah suci pada 2009 sebanyak 6.349 orang, namun 24 orang di antaranya gagal berangkat karena meninggal dunia, sakit, dan urusan keluarga sebelum masuk asrama.

Pemberangkatan jemaah Sumsel dari Arab Saudi menuju Palembang itu dimulai pada 3 Desember dan akan berakhir 31 Desember nanti.(*)

Editor: Imansyah
Copyright © ANTARA 2009