Palembang (ANTARA News) - Suasana haru kelihatan ketika keluarga menjemput kedatangan jemaah haji Sumatra Selatan (Sumsel) yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) lima di asrama haji Palembang.

Pantauan di asrama haji Palembang, Kamis terlihat keluarga berpelukan dan menangis saat menyambut kedatangan jemaah yang baru tiba di asrama tersebut setelah mereka keluar di pintu pagar.

Bahkan, keluarga ada yang tidak mau melepaskan pelukan sehingga sampai ke jalan raya bersama kaum muslim lainnya yang baru selesai menunaikan rukun Islam kelima di tanah suci itu.

Kepala Bidang Haji, Zakat dan Wakaf Kanwil Departemen Agama Sumsel, Drs H Udin Djuhan mengatakan, jemaah kloter lima berjumlah 320 orang ditambah lima petugas bimbingan haji.

Jemaah yang tergabung dalam penerbangan hari kelima itu tiba di Palembang semua sehat dan selamat, kata dia lagi.

Menurut dia, walaupun perjalanan cukup melelahkan karena menempuh waktu lebih kurang sembilan jam, tetapi jemaah kloter lima yang berasal dari Kabupaten Musi Rawas (Mura) dan Kota Palembang itu tetap sehat.

Dalam kesempatan itu Kabid Haji mengatakan, jemaah Sumsel yang baru menyelesaikan ibadah haji tersebut dapat menjadi haji mabrur seperti diharapkan bersama.

Jemaah kloter lima berasal asal Kota Palembang setelah tiba di asrama beristirahat sejenak selanjutnya mereka langsung pulang ke rumah masing-masing.

Begitu juga jemaah asal Mura, semuanya pulang ke kabupaten yang berbatasan dengan Provinsi Jambi dan Bengkulu itu, karena angkutan telah disediakan.

Jemaah Sumsel yang menunaikan rukun Islam kelima tahun 2009 ini sebanyak 6.349 orang, namun 24 diantaranya batal berangkat ke tanah suci karena meninggal dunia, sakit dan urusan keluarga.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009