Palembang (ANTARA News) - Keterlambatan penerbangan haji masih terjadi, termasuk kedatangan jemaah Sumatra Selatan yang sejak kloter pertama terlambat sehingga keluarga penjemput harus menunggu lama.

Kepala Bidang Haji, Zakat dan Wakaf Kanwil Departemen Agama Sumsel, Drs H Udin Djuhan di Palembang Jumat membenarkan bahwa kedatangan jemaah haji Sumsel terlambat.

Keterlambatan itu karena jadwal pemberangkatan jemaah dari Arab Saudi mengalami perubahan sehingga kedatangannya juga tertunda, ujar dia.

Untuk kloter pertama jemaah Sumsel pemeriksaanya cukup ketat sehingga kedatangannya ke Palembang tertunda hingga empat jam, kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, begitu juga kloter dua, tiga, empat dan lima tiba di Palembang tertunda dari satu hingga dua jam dari jadwal semula.

Sementara kloter enam yang semula akan tiba siang ini ternyata mengalami perubahan dan kemungkinan sampai di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, sekitar 17.45 WIB.

Namun, lanjut sekretaris panitia penyelenggara ibadah haji Sumsel itu, walapun kedatangan jemaah sering terlambat tetapi pihaknya selalu siap.

Panitia selalu siap dan satu jam sebelum jemaah tiba mereka telah berada di asrama haji Palembang tempat kedatangan kaum muslim telah selesai menunaikan rukun Islam kelima itu, kata dia pula.

Menurut dia, kesiapan tersebut karena jemaah setelah sampai perlu dilayani terutama bagi mereka yang ingin shalat dan ibadah serta keperluan lainnya yang memerlukan bimbingan dan petunjuk.

Namun, dia berharap, hendaknya kedatangan jemaah Sumsel mendatang sesuai dengan jadwal yang ditetapkan sehingga panitia dan keluarga yang menjemput tidak kewalahan.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009