Palembang (ANTARA News) - Jemaah haji Sumatra Selatan (Sumsel) kelompok terbang (kloter) tujuh tiba di Palembang, Sabtu malam setelah selesai menunaikan rukun Islam kelima di tanah suci.

Kepala Bidang Haji, Zakat dan Wakaf Drs H Udin Djuhan di Palembang mengatakan, jemaah haji kloter tujuh itu berasal dari kabupaten Ogan Ilir (OI) dan Kota Palembang yang kesemuanya berjumlah 319 orang ditambah lima petugas.

Untuk jemaah haji dari Ogan Ilir, sementara ini menginap di asrama haji Palembang dan besok akan melanjutkan perjalanan menuju kabupaten pemekaran dari kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) itu, kata dia lagi.

Lebih lanjut dia mengatakan, sementara jemaah asal Palembang setelah beristerahat sejenak sejenak mereka langsung disambut keluarga selanjutnya pulang kerumah masing-masing.

Jemaah haji kloter tujuh tersebut berangkat dari Arab Saudi menggunakan pesawat garuda dengan menempuh perjalanan lebih kurang sembilan jam.

Kedatangan kloter tujuh tersebut berdasarkan jadwal juga mengalami penundaan dimana sebelumnya diperkirakan tiba di Palembang, pukul 16.00 WIB tetapi ternyata sampai pada malam hari.

Menurut dia, keterlambatan kedatangan jemaah haji Sumsel itu karena pemeriksaan di Bandara Arab Saudi tempat pemulangan cukup ketat.

Pemeriksaan cukup ketat sehingga pemberangkatannya juga terlambat yang mengakibatkan tiba di Palembang tertuda, kata dia lagi.

Jemaah haji Sumsel yang tercatat menunaikan rukun Islam kelima tahun 2009 berjumlah 6.349 orang, namun 24 orang diantaranya batal berangkat karena sakit dan meninggal dunia.

Jemaah Sumsel tersebut dibagi dalam 20 kloter ditambah tiga dari provinsi Bangka Belitung dan pemulangannya dimulai pada 3 hingga 31 Desember 2009.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009