Palembang (ANTARA News) - Jemaah asal Provinsi Bangka Belitung yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 10 bermalam di asrama haji Palembang untuk beristirahat setelah menempuh perjalanan dari tanah suci lebih kurang sembilan jam.

Pantauan di asrama haji Palembang, Rabu kelihatan jemaah dari kepulauan Bangka Belitung itu setiba di asrama langsung mengambil kamar untuk bermalam.

Jemaah yang berjumlah 317 orang itu setelah turun dari mobil angkutan disiapkan perusahaan penerbangan garuda langsung menuju ruangan untuk memesan kamar tempat bermalam.

Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggara Haji Kanwil Departemen Agama Provinsi Bangka Belitung, Drs H Andi M Darus di Palembang mengatakan, jemaah haji itu akan berangkat menuju Pangkalpinang menggunakan pesawat dan kapal cepat.

Jemaah haji kelompok terbang sepuluh itu berangkat menuju provinsi Bangka Belitung, Kamis (17/12) karena mereka masih lelah dan penerbangan juga terbatas, kata dia.

Menurut dia, jemaah kloter sepuluh itu terdiri atas Kabupaten Bangka Barat, Bangka Selatan dan Belitung Timur yang kondisinya sekarang ini masih sehat dan segar.

Sementara konsumsi dan angkutan selama mereka berada di Palembang masih ditanggung pihak kabupaten masing-masing, sehingga para jemaah hanya mempersiapkan diri selama di asrama dan dalam perjalanan menuju Pangkalpinang nanti, ujar dia.

Kedatangan jemaah asal Bangka Belitung itu tanpa ada penyambutan dari pihak keluarga sehingga suasana asrama haji Palembang sepi.

Sementara itu salah seorang petugas penyelenggara bimbingan haji Sumsel, Saefudin mengatakan, dalam menyambut kedatangan jemaah Bangka Belitung itu tidak terlalu repot karena jumlahnya sedikit dibanding dengan kloter sebelumnya.

Bahkan, pintu pagar asrama terbuka tanpa ada penjagaan yang berlebihan karena keluarga menyambut kedatangan jemaah Bangka Belitung itu hampir tidak ada, ujar dia.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009