Jakarta (ANTARA News) - Indonesia menyiapkan sedikitnya 30 atlet untuk mengikuuti defile di atas perahu mengenakan pakaian adat pada upacara pembukaan Asian Games Ke-16 di Guangzhou, China, 12-27 November 2010.

Informasi yang dihimpun dari sekretariat Kontingen Indonesia di Jakarta, Senin, para atlet tersebut berasal dari berbagai cabang olahraga. Mereka akan mengenakan pakaian adat dari sejumlah provinsi di Indonesia.

Tentang teknis pelaksanaan upacara tersebut sampai kini masih dirahasiakan oleh pihak penyelenggara. Guangzhou ingin memberikan kejutan pada seluruh Asia dan dunia tentang kehebatan negara yang dulu berjulukan Negeri Tirai Bambu ini. Pihak penyelenggara hanya menyatakan akan memberikan kejutan bagi mereka yang menyaksikan langsung maupun yang melalui televisi.

Upacara pembukaan dijadwalkan berlangsung di Pulau Haixinsha di Sungai Mutiara di tengah-tengah Kota Guangzhou, Provinsi Guangdong yang terletak di China bagian Selatan. Sebagaimana dinyatakan Direktur Pembukaan Asian Games Ke-16, Chen Weiya, upacara pembukaan nanti akan berbeda dengan upacara-upacara pembukaan Asian Games atau pesta olahraga lainnya sebelumnya.

"Yang pasti upacara pembukaan nanti sangat berbeda dengan yang pernah Anda saksikan di berbagai multikejuaraan sebelumnya. Kami berharap mereka yang menonton langsung maupun yang menyaksikan lewat televisi di luar negeri, akan memberikan pujian pada inovasi kami," kata Chen sebagaimana dikutip situs resmi Asian Games 2010.

Menurut Chen, upacara pembukaan Asian Game Ke-16 nanti melibatkan personel tidak sebanyak pada upacara pembukaan Olimpiade Beijing 2008. Pada upacara pembukaan Olimpiade Beijing 2008 sebanyak 14.000 personel dilibatkan.

Chen memperkirakan pulau tempat upacara pembukaan berlangsung nanti dapat menampung sekitar 30.000 orang. Mereka akan duduk di bagian barat pulau ini. Bagian tengah pulau ini akan digunakan sebagai pusat panggung upacara pembukaan nanti.

Tempat duduk penonton terletak di sepanjang Sungai Mutiara dan sungai tersebut juga termasuk dalam bagian pertunjukan.

Panitia penyelenggara Asian Games Ke-16 memperkirakan akan ada 25.000 duta olahraga dari 45 negara peserta Asian Games Guangzhou 2010. Jumlah tersebut sudah mencakup wartawan peliput kegiatan multikejuaraan olahraga negara-negara Asia ini.

Kontingen Indonesia Indonesia yang berjumlah 300-an personel akan bertolak ke Guangzhou dari Jakarta, 10 November mendatang.

Indonesia baru sekali menjadi tuan rumah Asian Games yaitu pada Asian Games Ke-4 di Jakarta, tahun 1962. Waktu itu Presiden RI Pertama Ir. Soekarno membangun kompleks Gelora Bung Karno di kawasan Senayan, Jakarta, sebagai tempat berlangsungnya pertandingan Asian Games itu.(*)

(ANT-133/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010