Jambi (ANTARA) - Pengurus Provinsi Persatuan Panahan Indonesia (Pengprov Perpani) Jambi masih akan mengandalkan atlet pelatnas M Hanif Wijaya untuk bisa meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, 2-15 Oktober 2021.

"M Hanif Wijaya masih menyimpan potensi merebut medali emas PON XX Papua, di mana dia akan turun pada nomor tunggal putra nomor recurve. Saat ini Hanif menduduki peringkat 2 nasional ini bakal mendapat persaingan sengit dari Rio Agatha dari Jawa Timur, "kata pelatih tim panahan Jambi Gusnadi di Jambi Selasa.

Selain Hanif Wijaya penghuni pelatanas, Jambi juga masih akan berharap sementara di bagian putri ada pemanah senior Yuliana juga masih bisa bertengger di posisi tiga besar nasional dan diharapkan pada PON Papua nanti Yuliana bisa mengandalkan pengalamannya turun di berbagai ajang nasional dan internasional selama ini.

"Tapi peluang terbesar Jambi mendulang emas ada pada Hanif dan Yuliana turun di beregu campuran nomor recurve," kata Gusnadi saat para pemanah berlatih di Stadion Tri Lomba Juang KONI Jambi.

Baca juga: Gubernur Jambi janjikan atlet berprestasi diangkat jadi PNS
Baca juga: KONI Jambi janjikan hadiah uang untuk semifinalis PON Papua


Menurutnya, kombinasi atlet muda dan senior bisa menjadi tandem ideal untuk berebut medali emas dari cabang panahan Jambi di PON XX Papua nanti.

"Dengan pengalaman dan jam terbang tinggi, Yuliana diharapkan mampu mengimbangi jiwa muda Hanif yang sangat haus prestasi," kata Gusnadi.

Menurut dia, peluang cabang panahan Jambi juga cukup terbuka untuk beregu putra baik di standard bow putra dan putri. Di nomor beregu putri standard bow, Perpani Jambi mengandalkan Nestia Mariani, Ayudya dan Sonia Evelyn.

Ketiganya patut diperhitungkan karena saat test score terakhir juga menunjukkan raihan bagus. Belum lagi saat turun di Kejurnas Prakualifikasi PON 2019 lalu, ketiganya berhasil menempatkan meraih medali perak.

Sementara di nomor beregu putra standard bow, Jambi juga menyimpan harapan sebab penghuni peringkat 3 nasional atau peraih medali perunggu Kejurnas Prakualifikasi PON lalu ini juga punya motivasi tinggi untuk meningkatkan skornya.

Cabang panahan akan melangsungkan lombanya di Kabupaten Jayapura. Tim Jambi akan berangkat pada 24 September, sementara lomba akan berlangsung dari 29 September sampai 10 Oktober 2021.

Pada PON IXX/2016 di Jawa Barat cabang panahan Jambi berhasil meraih dua medali emas dari nomor ronde nasional beregu dan aduan beregu putra atas nama pemanah Alfian, Jerigo dan Eko Irawan.

Baca juga: Tim Panahan DIY pilih tempat latihan dengan kondisi serupa di Papua
Baca juga: Atlet panahan Azmi Hamzah siap persembahkan medali di PON Papua
Baca juga: Perpani: PON Papua jadi ajang pencarian bibit atlet potensial

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021