Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menjanjikan bonus bagi atlet daerahnya yang berhasil meraih medali pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

"Iya tentu. Ini menjadi perhatian pemerintah daerah," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulbar Muhammad Hamzih dihubungi dari Mamuju, Sabtu.

"Siapapun yang ikut dalam pertandingan ini (PON XX) akan menjadi perhatian kita. Tidak menyebutkan berapa yang diberikan dan seperti apa, tetapi bagi mereka yang juara tentu sudah kita janjikan kepada mereka bonus," tambahnya tanpa merinci jumlah bonus yang akan diberikan kepada para atlet peraih medali PON Papua.

Ia menambahkan pemberian bonus kepada atlet berprestasi di ajang PON Papua akan dikoordinasikan dengan DPRD Provinsi Sulbar.

"Inikan berkaitan dengan anggaran dan anggaran itu juga terkait kesepakatan dua lembaga, yakni eksekutif dan legislatif. Tetapi, bagi kami bahwa setiap atlet yang memiliki prestasi akan diberikan apresiasi, dalam bentuk apa, ya tentu dalam bentuk apapun. Itu pasti," kata Hamzih.

Pemprov Sulbar memberikan dukungan moril kepada seluruh atlet daerahnya yang saat ini bertanding di arena PON Papua.

Salah satu bentuk dukungan itu diberikan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar dengan mengunjungi seluruh arena pertandingan di Jayapura, tempat para atlet Sulbar berlaga.

"Pak Ali Baal Masdar selaku Gubernur dan juga Ketua KONI Sulbar bersama Ibu Gubernur datang ke venue-venue dari semua cabang olahraga, kecuali yang di Timika dan Merauke, karena lokasinya jauh, untuk memberikan dukungan moril kepada para atlet Sulbar yang sedang bertanding," tuturnya.

"Kedatangan Pak Gubernur tentu memberikan semangat kepada atlet Sulbar yang sedang bertanding. Itulah dukungan sangat luar biasa yang saat ini diberikan Pemprov Sulbar, KONI, serta Dinas Pemuda dan Olahraga kepada seluruh atlet yang sedang bertanding di ajang PON Papua," terang Hamzih.

Hingga menjelang pembukaan PON, Provinsi Sulbar baru berhasil meraih satu medali perunggu yang disumbang pedayung Ramlah Baharuddin dari perlombaan nomor kayak satu jarak 500 meter.

Pewarta: Amirullah
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2021