Tarakan (ANTARA) - Kontingen asal Kalimantan Utara (Kaltara) yang berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua bakal mendapatkan bonus jika berhasil membawa pulang medali.

“Mudah-mudahan bisa medali emas. Reward pasti ada bagi atlet yang berhasil meraih medali baik emas, perak, maupun perunggu,” kata Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang saat mengunjungi atlet Kaltara di Jayapura, Papua, Sabtu.

Dia berharap para atlet yang berlaga agar selalu menjaga kondisi fisiknya saat ini sehingga bisa berlaga dengan maksimal. Serta meminta agar segala persiapan dapat dilakukan secara matang sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

“Jaga nama baik Kaltara dengan menjunjung tinggi sportifitas,” kata Zainal.

Baca juga: Pemprov Kaltara lepas keberangkatan 31 atlet menuju PON XX Papua

Gubernur mengajak kepada seluruh rombongan agar dapat memanfaatkan momen PON XX di Papua. Dengan membuktikan bahwa utusan dari Kaltara juga mampu bersaing dengan daerah lain.

Selain itu, gubernur meminta agar kontingen dapat menjaga kekompakan selama di Papua, khususnya tetap menjaga kesehatan dan menerapkan prokes di tengah pandemi COVID-19.

"Jangan lupa untuk selau berdoa sebelum bertanding, dan terus jaga kekompakan selama di Papua,” kata Gubernur.

Baca juga: Kontingen Kaltara optimistis raih enam emas di PON Papua

Ia pun meminta doa dan dukungan kepada seluruh masyarakat Kaltara agar para atlet dapat bertanding secara maksimal.

“Kami mohon doa seluruh masyarakat Kaltara agar putra-putri kita dapat mengharumkan nama provinsi termuda ini,” kata Zainal.

Sebanyak 7.039 atlet akan ikut serta di PON Papua dengan rincian 4.161 atlet laki-laki dan 2.878 atlet perempuan. Terdapat pula 3.585 ofisial cabang olahraga dan 2016 ofisial kontingen yang turut menyukseskan PON Papua 2021.

PON Papua menyediakan 2.239 medali untuk diperebutkan. Venue pertandingan tersebar di empat cluster yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke. Ada 44 arena pertandingan.

Di PON 2021, kota Jayapura akan menggelar 16 cabor dengan 22 disiplin. Kabupaten Jayapura menjadi tuan rumah 14 cabor dengan 21 disiplin.

Sementara Mimika akan menghelat sembilan cabor dengan 12 disiplin. Yang terakhir, Merauke hanya akan menggelar enam cabang olahraga dengan enam disiplin.

Baca juga: Gubernur Kaltara optimistis sepak takraw raih emas pada PON di Papua

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021