Jayapura (ANTARA) - Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman, Minggu, menyaksikan dua cabang unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Dua cabang olahraga unggulan tersebut adalah dayung dan bola voli pasir.

Menurut keterangan tertulis dari KONI Pusat, cabang olahraga pertama yang disaksikan Ketum KONI adalah dayung yang mempertandingkan nomor Traditional Boat Race (TBR) atau Perahu Naga.

TBR dipertandingkan sejak tanggal 8 dan akan berakhir pada 13 Oktober 2021, di Teluk Youtefa Kota Jayapura.

Baca juga: Voli pasir putri NTB bertekad pertahankan status juara

Sebelumnya, cabang dayung sudah menyelesaikan 16 nomor pertandingan Canoeing pada 27 September – 2 Oktober, dan 15 nomor Rowing
pada 3 – 7 Oktober.

Dalam kunjungannya ke cabang olahraga unggulan tersebut, Ketua Umum KONI didampingi, antara lain Waketum II Mayjen TNI (Purn.) Soedarmo, Waketum IV Chris John, Sekjen Drs. Tb. Lukman Djajadikusuma, MEMOS, dan Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat bidang Komunikasi Publik, Dr. Aqua Dwipayana.

Setelah menyaksikan dayung nomor perahu naga, Ketum KONI dan rombongan bertolak ke GOR Voli Pasir Koya Koso untuk menyaksikan perebutan medali perunggu voli pasir putri antara Tim Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) II melawan wakil Jawa Timur.

Baca juga: Ketua umum KONI puji lokasi paralayang PON XX Papua yang memukau

Pertandingan bola voli pasir tersebut juga disaksikan oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X RM. Hario Bimo, Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah dan Wakapolda Papua Brigjen Pol. Eko Rudi Sudarto.

Dayung dan voli pasir adalah cabang olahraga unggulan dalam dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang
diharapkan dapat berkembang lebih baik lagi di Indonesia sehingga dapat menjaring lebih banyak peminat di kalangan masyarakat.

Baca juga: Wakil Ketua KONI: Semua peserta PON XX Papua wajib divaksin

 

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021