Jakarta (ANTARA) - Aktris pemenang Oscar Youn Yuh-jung pada Kamis dianugerahi penghargaan Geumgwan Order of Cultural Merit oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan, mengutip laporan The Korea Times pada Kamis.

Penghargaan tersebut merupakan penghargaan tertinggi dalam Korea Popular Culture and Arts Awards 2021. Geumgwan Order of Cultural Merit diberikan untuk Youn atas kontribusinya di industri perfilman Korea.

Baca juga: Aktris Youn Yuh-jung masuk dalam deretan 100 orang berpengaruh

Youn menjadi aktris pertama yang memenangkan penghargaan budaya tertinggi. Hingga tahun lalu, belum ada pemenang kategori penghargaan tertinggi Geumgwan. Terakhir pada 2011, penghargaan ini diraih oleh novelis dan cerpenis Park Wan-suh.

Nama Youn melambung di dunia internasional sejak ia memenangkan Oscar untuk perannya dalam film “Minari” karya sutradara .

Selain Youn, beberapa pelaku di industri budaya pop, termasuk aktor dan musisi, juga akan diberi penghargaan dalam Korea Popular Culture and Arts Awards. Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian bekerja sama dengan Korea Creative Content Agency (KOCCA). Upacara penghargaan diadakan secara daring pada Kamis pukul 6 sore waktu setempat.

Penyanyi folk legendaris Lee Jang-hee dan mendiang produser film Lee Chun-yeon dikabarkan akan menerima penghargaan tertinggi kedua, Eungwan Order of Cultural Merit.

Sutradara film “Parasite” Bong Joon-ho dan aktor Song Kang-ho pernah dianugerahi penghargaan budaya Eungwan pada tahun 2019.

Sementara penghargaan tertinggi ketiga, Bogwan Order of Cultural Merit, akan diberikan kepada aktor veteran Park In-Hwan, yang baru-baru ini membintangi serial televisi “Navillera”, dan penulis skenario Noh Hee-kyung, yang menulis serial televisi “It's Alright, This Is Love”.

Penghargaan tahunan yang diselenggarakan pemerintah Korea Selatan pertama kali digelar pada 2010 untuk memberi penghormatan kepada mereka yang telah berkontribusi dalam mempromosikan budaya pop dan seni Korea. Para pemenang dievaluasi atas kontribusi mereka terhadap industri serta popularitas publik mereka.

Perhelatan yang ke-12 ini juga akan menampilkan pertunjukan dari beberapa penerima penghargaan kategori lainnya, termasuk NCT Dream, Oh My Girl, dan penyanyi jazz Woong San. Selain itu, ada juga penyanyi Kim Tae-yeon yang berkolaborasi dengan musisi hip-hop Aquinas serta grup dance AliEN.

Upacara penghargaan disiarkan pada Kamis pukul 6 sore waktu setempat melalui saluran YouTube resmi KOCCA dan saluran resmi The K-POP.


Baca juga: Bintang dan kru "Minari" diundang jadi bagian Academy Award

Baca juga: Pulang ke Korea, aktris pemenang Oscar Youn Yuh-jung disambut hangat

Baca juga: Youn Yuh-jung "Minari" bawa pulang Aktris Pendukung Terbaik Oscar

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021