Jakarta (ANTARA) - Pasangan ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon atau yang akrab disebut Minions sudah tidak sabar ingin bertanding dalam turnamen internasional Indonesia Masters dan Indonesia Open 2021 yang akan berlangsung di Bali.

Indonesia Masters 2021 akan digelar mulai 16-21 November, sementara Indonesia Open 2021 akan berlangsung pada 23 hingga 28 November.

"Saat ini kami masih di Jerman dan akan kembali ke Indonesia, kami sudah tidak sabar untuk turun di turnamen Indonesia Masters dan Indonesia Open," kata Kevin dalam pesan video yang diputar konferensi pers yang digelar di MNC Conference Hall, Jakarta, Senin.

"Menyenangkan tampil di negeri sendiri, atmosfernya sangat menarik, dan biarpun tanpa penonton kami tetap exciting dan tetap melakukan yang terbaik," Marcus menambahkan.

Minions baru saja menyabet gelar juara ganda putra Hylo Open 2021 setelah mengalahkan pasangan dari Indonesia lainnya Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di babak final.

Berkaitan dengan itu, Ketua Umum Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Agung Firman Sampurna mengatakan bahwa saat ini sudah tumbuh nama-nama baru yang merupakan bagian dari program regenerasi.

"Kita tidak hanya menurunkan pemain-pemain terbaik kita, tapi lapis satu, dua juga kita turunkan, di beberapa pertandingan internasional di semi final all Indonesia semifinals itu menggambarkan betapa seriusnya kita mendorong regenerasi," kata Agung.

Lebih dari itu, menurut Agung, PBSI merupakan satu-satunya cabang olahraga yang menerapkan model pelatnas sepanjang tahun, dengan salah satu strategi yang akan dilakukan adalah intensifikasi.

"Jadi kita akan evaluasi proses pelatihan yang ada di dalamnya dan kita dorong tumbuh regenerasi, kita percepat," ujar Agung.

Tidak hanya pada Hylo Open, dalam laga sesama pasangan Indonesia pada final turnamen bulu tangkis Belgian International Challenge, ganda putra Indonesia Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yacob Rambitan meraih gelar juara setelah mengalahkan rekan sepelatnas mereka Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana.

Pada Czech Open 2021 nama baru juga muncul di sektor tunggal putri. Adalah Putri Kusuma Wardani yang mengukir prestasi di turnamen bulu tangkis internasional menjadi juara usai mengalahkan wakil Malaysia, Siti Nurshuhaini.

"Sekarang sudah tumbuh nama-nama baru disamping Hendra Ahsan, Jonatan Christie, nama-nama baru sudah tumbuh. Ada Chico Wardoyo, ada Vito, kita ingin regenerasi tumbuh, dan mereka akan dideploy di berbagai turnamnen internsional dan juga intensitas kita sendiri," kata Agung.

Selain melakukan pembinaan, Agung mengungkapkan rencana ajang talent search, gagasan yang dia nilai sangat menarik, yang disebutkan Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, yang hadir pada kesempatan yang sama.

"Talent search untuk merekrut potensi potensi yang baru mulai dari bawah, salah satu di antaranya dengan pertandingan," ujar Agung.

Agung juga berharap akan ada Piala Presiden untuk bulutangkis, olahraga yang 71 persen paling diminati oleh masyarakat Indonesia, berdasarkan survei Nielsen 2017-2018.

Kajian mengenai hal itu sedang berlangsung, yang akan dimulai dengan diadakannya Piala Walikota dan Bupati, kemudian naik tingkat menjadi Piala Gubernur, dan selanjutnya 34 besar nasional akan bertarung di Piala Presiden.

"Ini juga memberikan ruang-ruang untuk tumbuhnya klub-klub, kita punya lebih dari 2.000 klub bulu tangkis di seluruh Indonesia dengan kurang lebih sektar 17.000 atlet aktif bulu tangkis," kata Agung.

Baca juga: PBSI nilai performa timnas bulu tangkis di Hylo memuaskan
Baca juga: Minions kurang puas dengan performanya meski juarai Hylo Open 2021
Baca juga: PBSI harap ranking pemain naik lewat Indonesia Masters dan Open 2021
Baca juga: Indonesia Masters dan Indonesia Open 2021 siap digelar akhir bulan ini

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021