Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bola basket putri Indonesia akan menantang Lebanon di babak semifinal Piala FIBA Asia Putri 2021 Divisi B seusai menyisihkan Iran dalam laga kualifikasi di Amman, Yordania, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Menghadapi Iran, yang sama sekali gagal membukukan satu kemenangan pun di babak penyisihan Grup A, Indonesia menang dengan skor 76-68.

Catatan dwiganda ditorehkan pemain naturalisasi Indonesia Kimberley Pierre-Louis dan center Gabriel Sophia, masing-masing lewat 19 poin dan 11 rebound serta 10 poin dan 10 rebound.

Sementara itu power forward Yuni Anggraeni dan shooting guard Nathania Claresta Orville sama-sama menyumbangkan 11 poin untuk kemenangan Indonesia.

Di kubu Iran, hanya terdapat dua pemain yang mencapai dua digit angka yakni SHadi Abdolvand dengan 17 poin diikuti Edna Eissalanjangi yang mencetak 16 poin.

Penampilan Indonesia kali membaik dibandingkan ketika kalah melawan tuan rumah Yordania kemarin, terutama dari segi konversi percobaan tembakan terbuka yang mencapai tingkat akurasi 45 persen.

Baca juga: Indonesia hadapi tantangan berat di Piala FIBA Asia Putri

Sempat tertinggal 10-12 saat menutup kuarter pertama, Indonesia memperbaiki penampilan mereka di kuarter kedua dengan memborong 28 poin.

Lemparan tripoin Agustin Gradita Retong pada sisa waktu semenit 18 detik yang diikuti sebuah jump shot dari Pierre-Louis membawa Indonesia memimpin 38-25 atas Iran saat menyudahi paruh pertama pertandingan.

Konsentrasi anak-anak asuh Lin Chi Wen sedikit menurun pada kuarter ketiga sehingga keunggulan Indonesia terpangkas hanya jadi 58-54 kala memasuki kuarter keempat.

Tambahan 18 poin yang dibukukan dalam kuarter pemungkas cukup untuk mengunci kemenangan bagi Indonesia dengan skor akhir 76-68 atas Iran.

Indonesia punya waktu beristirahat satu hari untuk memulihkan kebugaran dan mempersiapkan diri menghadapi Lebanon, yang lolos sebagai juara Grup A, dalam partai semifinal yang berlangsung Jumat (12/11).

Piala FIBA Asia 2021 Divisi B memperebutkan satu tiket promosi untuk menggantikan India yang bulan lalu terdegradasi dari Divisi A.

Baca juga: Perbasi targetkan timnas basket putri promosi divisi di FIBA Asia
Baca juga: Timnas basket putri jungkalkan Kazakhstan saat buka FIBA Asia
Baca juga: Dikalahkan tuan rumah, Indonesia batal kunci semifinal FIBA Asia Putri

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021