Jakarta (ANTARA) - Jepang mendominasi turnamen Indonesia Masters 2021 dengan membawa pulang tiga titel, sedangkan Merah Putih berakhir nirgelar usai kekalahan ganda putra nomor satu dunia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo pada babak final di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Minggu.

Jepang yang mengirimkan empat wakil di empat nomor pertandingan pada partai puncak hanya kehilangan satu gelar dari nomor tunggal putri.

Tunggal putri unggulan teratas Akane Yamaguchi, yang belum terkalahkan sejak menjuarai Denmark Open 2021 dan French Open 2021, gagal mencapai hat-trick juara pada musim 2021 setelah dikandaskan wakil Korea Selatan An Seyoung 17-21, 19-21.

Pada nomor ganda putra, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang merupakan pasangan non-unggulan berhasil merebut gelar dari juara bertahan Marcus/Kevin.

Baca juga: Dikalahkan Jepang, Minions gagal pertahankan gelar Indonesia Masters

Hoki/Kobayashi harus berjuang selama hampir satu jam untuk menuntaskan perlawanan unggulan teratas Marcus/Kevin 21-11, 17-21, 21-19.

Jepang kembali menambah gelar juara dari nomor ganda putri Nami Matsuyama/Chiharu Shida yang menumbangkan pasangan Korea Selatan Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong.

Pebulu tangkis Jepang nomor satu dunia Kento Momota menutup rangkaian final Indonesia Masters 2021 dengan menang atas tunggal putra Denmark Anders Antonsen 21-17, 21-11.

Baca juga: Momota rebut gelar Indonesia Masters 2021 usai kalahkan Antonsen

Kemenangan tersebut menjadi gelar perdana Momota di ajang Indonesia Masters 2021 sekaligus trofi pertamanya sepanjang turnamen musim ini.

Sementara itu, Thailand merebut satu gelar pada nomor ganda campuran melalui Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taetattanachai dengan mengalahkan pasangan Hong Kong Tang Chun Man/Tse Ying Suet.

Ada pun hasil Merah Putih di Indonesia Masters 2021 menjadi catatan terburuk sepanjang keikutsertaan dalam turnamen yang pertama kali digelar pada 2010 itu.

Dalam keikutsertaannya di Indonesia Masters, Merah Putih kerap membawa pulang lebih dari satu gelar dalam turnamen yang kini naik level menjadi Super 750 tersebut.

Pada edisi sebelumnya di Istora Senayan, Jakarta, Indonesia, misalnya, Indonesia berhasil meraih tiga titel lewat Anthony Sinisuka Ginting dari sektor tunggal putra, Marcus/Kevin dari ganda putra, dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu dari nomor ganda putri.

Baca juga: Harapan terakhir ganda putri Indonesia terhenti di perempat final

Berikut hasil lengkap final Indonesia Masters 2021:

Ganda campuran - Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taetattanachai (Thailand) vs Tang Chun Man/Tse Ying Suet (Hong Kong) 21-11, 21-12

Tunggal putri - An Seyoung (Korea Selatan) vs Akane Yamaguchi (Jepang) 21-17, 21-19

Ganda putra - Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang) vs Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo 21-11, 17-21, 21-19

Ganda putri - Nami Matsuyama/Chiharu Shida (Jepang) vs Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong (Korea Selatan) 21-9, 21-11

Tunggal putra - Kento Momota (Jepang) vs Anders Antonsen (Denmark) 21-17, 21-11

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021