Jakarta (ANTARA) - Pusat Akreditasi untuk Asian Games Hangzhou 2022 yang terletak di Distrik Shangcheng, Hangzhou, Zhejiang, China, telah resmi beroperasi.

Berdasarkan laman resmi Asian Games Hangzhou, Kamis, Panitia Penyelenggara (HAGOC) menyebut lokasi ini menjadi tempat untuk menyediakan akreditasi acara, pembuatan dan pengelolaan sertifikat, serta yang lainnya untuk menjamin keamanan dan ketertiban tempat, orang-orang yang terlibat, dan kendaraan selama pesta olahraga terbesar di Asia edisi ke-19 ini berlangsung.

Akreditasi untuk Asian Games Hangzhou dimulai dari 10 Desember 2021 hingga 10 Mei 2022 (waktu Beijing). Adapun untuk media, mulai 10 November 2021 hingga 10 April 2022.

Baca juga: Akreditasi pers peliput Asian Games Hangzhou 2022 telah dibuka

Email untuk kontak akreditasi telah dikirim ke tujuh basis klien utama meliputi atlet dan NPC, anggota keluarga besar Dewan Olimpiade Asia (OCA), pejabat internasional (termasuk VIP dan kelompok pengamat), organisasi olahraga individu internasional, organisasi olahraga individu Asia, reporter dan fotografer, serta penyiar dan sponsor (mitra pemasaran).

Hingga saat ini Pusat Akreditasi tersebut telah membentuk sistem kontaktor akreditasi dengan Komite Olimpiade Nasional (NOC) dari 44 negara dan wilayah di Asia, 32 organisasi olahraga individu Asia, dan 5 organisasi olahraga individu internasional.

Ke depannya, Pusat Akreditasi tersebut akan memberikan layanan “akreditasi online” bagi sekitar 200 ribu klien Asian Games Hangzhou 2022, dengan mengeluarkan kartu akreditasi khusus untuk membuktikan identitas pemilik.

Kartu akreditasi yang akan diaktifkan, dikeluarkan untuk organisasi terkait dari basis klien yang berbeda mulai 10 Juli 2022.

Setelah diaktifkan oleh pemegangnya, kartu tersebut memungkinkan akses ke tempat dan zona tertentu dan memberikan hak istimewa yang sesuai dengan identitas pemegang.

Baca juga: OCA sebut persiapan Asian Games Hangzhou 2022 berjalan tanpa hambatan

Dengan paspor yang masih berlaku atau dokumen perjalanan internasional lainnya, dan kartu akreditasi yang sah yang dikeluarkan oleh pihak penyelenggara (HAGOC), pendatang dapat masuk atau meninggalkan China beberapa kali mulai 11 Agustus hingga 10 Oktober 2022 (waktu Beijing).

Asian Games Hangzhou akan bergulir pada 10-25 September 2022 dengan mempertandingkan 40 cabang olahraga dengan 61 disiplin.

Sebanyak 10.000 atlet diperkirakan tampil dalam Pesta olahraga terbesar di Asia edisi ke-19 tersebut. Hangzhou akan menjadi kota ketiga di China yang menjadi tuan rumah Asian Games, setelah Beijing pada 1990 dan Guangzhou pada 2010.

Berbeda dengan sebelumnya, OCA mengumumkan sebanyak 300 atlet dari 17 Komite Olimpiade Nasional (NOC) di kawasan Oseania bakal bersaing dalam lima cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2022 di Hangzhou, China yakni, triatlon, atletik, wushu, sepatu roda, dan angkat besi.

Baca juga: Ratusan atlet Oseania turun pada lima cabang olahraga Asian Games 2022

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021