Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim memastikan sejumlah ruas jalan yang perpotensi terjadi kerumunan warga di Jakarta Utara ditutup pergantian tahun 2021 ke 2022.

"Penutupan ruas jalan dimulai pukul 22.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB. Kepada masyarakat kami imbau agar merayakan tahun baru di rumah saja," ujar Ali Maulana di Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Jumat.

Menurut Ali Maulana, pemerintah menerbitkan aturan bahwa pada malam pergantian tahun baru,  ada pembatasan jam operasional untuk restoran, tempat pariwisata, serta penutupan tempat-tempat berkumpul masyarakat seperti kawasan Danau Sunter Tanjung Priok dan Pantai Indah Kapuk (PIK) Penjaringan, di Jakarta Utara.

"Restoran buka sampai jam 22.00 WIb, tapi jam 21.00 sudah tidak menerima layanan lagi. Tempat wisata Ancol tetap buka tapi diatur jamnya. Pada pukul 14.00 WIB sudah mulai pengosongan penjung dan pukul 15.00 WIB harus sudah kosong. Kawasan Danau Sunter ditutup," katanya. 

Ali Maulana menyebut, Pemerintah Kota Jakarta Utara juga menurunkan personil gabungan dari unsur, TNI, Polri, Satpol PP, dan unsur masyarakat sampai ke tingkat RW dan RT, yang melakukan pengawasan.

Baca juga: Dishub terjunkan 2.500 personel saat malam tahun baru cegah kerumunan

Perangkat RT dan RW, kata dia, dapat menginformasukan titik-titik kerumunan di perkampungan serta sosialisasi untuk tidak merayakan pergantian tahun dan pesta kembang api.

"Saat ini sudah ada varian Omicron yang penyebarannya lebih cepat. Karena itu, mari kita selamatkan diri dan keluarga kita dengan tetap disiplin protokol kesehatan," kata Ali.

Kepala Kepolisian Resort Metro Jakarta Utara, Komisaris Besar Polisi Guruh Arif Darmawan, menegaskan, ada sebanyak 566 personel gabungan yang melakukan pengawasan dan sosialisasi larangan aktivitas malam pergantian tahun  yang memicu terjadinya kerumunan.

Menurut Guruh, di Jakarta Utara sudah ditemukan warga terpapar COVID-19 varian Omricon, pada 27 Desember lalu. "Kita antisipasi agar masyarakat tidak melakukan kegiatan berkerumun saat malam tahun baru,” ujar Guruh usai memimpin Apel Gelar Pasukan untuk Pengamanan Malam Tahun Baru 2022 di Taman Impian Jaya Ancol, Jumat.

Sejumlah titik yang berpotensi terjadinya kerumunan dipastikan ditutup sementara saat pergantian tahun, mulai pukul 22.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB, seperti Kawasan Wisata Taman Impian Jaya Ancol, Kawasan Danau Sunter, dan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2.

Larangan aktivitas yang memicu kerumunan ini diikuti sejumlah tempat mulai dari pusat hiburan, kuliner, hingga perbelanjaan mall dan pasar tradisional.

“Seperti di Kawasan Taman Impian Jaya Ancol ini, mulai pukul 14.00 WIB sudah mulai dikosongkan dari wisatawan kecuali yang menginap di sini. Pesan saya kepada rekan-rekan, sampaikan dengan bahasa yang baik dan santun,” jelasnya.

Baca juga: DKI terapkan PPKM Level 3 pada 24 Desember 2021-2 Januari 2022

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021