Rencana kami setidaknya ada tiga Pelatwil, yaitu di Indonesia barat, tengah, dan timur. Nantinya akan kami sebut dengan nama Pelatnas Desentralisasi
Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) secara resmi membuka pemusatan pelatihan nasional (Pelatnas) wilayah barat yang berlokasi di Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu.

PBSI berharap pembukaan Pelatnas wilayah barat bisa mengakselerasi lahirnya bibit pemain potensial dari Pulau Sumatera.

"Hari ini kami resmikan PBSI Sumatera Utara menjadi Pelatnas wilayah bagian barat Indonesia. Rencana kami setidaknya ada tiga Pelatwil, yaitu di Indonesia barat, tengah, dan timur. Nantinya akan kami sebut dengan nama Pelatnas Desentralisasi," kata Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna lewat keterangan resminya, Rabu.

Baca juga: PBSI harap promosi-degradasi pebulu tangkis tidak diperdebatkan

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti di Gedung PBSI Sumut, Medan. Selain dihadiri Gubernur Edy Rahmayadi, hadir pula Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta, Wakil Ketua II Eduart Wolok, dan Ketua Umum Pengprov PBSI Sumut Suripno Ngadimin.

Menurut Agung, gagasan untuk membentuk Pelatnas Desentralisasi sebenarnya sudah muncul sejak 12 tahun silam namun selalu terkendala dengan berbagai alasan. Namun akhirnya PP PBSI memberanikan diri untuk mewujudkan rencana ini dengan dimulai dari wilayah Barat.

"Jadi kami punya pelatnas yang akan melakukan pembinaan dan pengembangan untuk atlet-atlet senior, kemudian akan kami perluas ini sebagai bagian dari pelatnas junior untuk wilayah Indonesia barat," katanya menambahkan.

Agung pun menyampaikan harapannya agar program ini bisa berjalan optimal dan mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah. Pemerintah daerah juga sudah berkontribusi dengan memberikan lahan seluas dua hektar yang nantinya bisa dikembangkan menjadi lapangan baru.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov PBSI Sumut Suripno Ngadimin mengaku sangat bahagia atas pembukaan program ini. Ia pun bertekad untuk mencetak atlet-atlet andal dari Sumatera.

"Ini merupakan mimpi saya selama 40 tahun di bulu tangkis. Terobosan ini saya rasa akan berhasil. Dengan penunjukkan ini, saya yakin atlet-atlet Sumatera nanti bisa lebih bersaing lagi," ujar Suripno.

Baca juga: Agenda Seleksi Nasional khusus gantikan Kejurnas PBSI 2021
Baca juga: Puluhan pebulu tangkis PB Djarum ikuti seleknas PBSI 2022

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022