Jakarta (ANTARA News) - Panitia Nasional Pesta Olahraga Asia Tenggara (INASOC) menargetkan penjualan merchandise resmi pelaksanaan SEA Games 2011 di Jakarta dan Palembang (Sumatera Selatan) pada 11-22 November mencapai Rp100 miliar.

Ketua Harian INASOC, Rahmad Gobel, di Jakarta, Minggu, mengatakan bahwa, target itu khusus untuk penjualan merchandise resmi. Jika di luar itu, menurut dia, maka kemungkinan besar hasilnya jauh lebih besar, yaitu mencapai sekira Rp500 miliar.

"Ribuan orang akan datang ke Indonesia. Mereka pasti membutuhkan merchandise untuk dibawa pulang," katanya di sela-sela pemeran peserta kompetisi desain merchandise SEA Games 2011 di Plaza Senayan Jakarta.

Menurut dia, dalam 10 hari pelaksanaan SEA Games XXVI, maka transaksi utamanya adalah merchandise sehingga masyarakat di Jakarta dan Palembang harus terlibat penuh.

Dengan keterlibatan masyarakat, kata dia, nilai transaksi yang tinggi itu tidak hanya dinikmati oleh pengusaha besar. Masyarakat maupun pengusaha lokal juga bisa berperan sesuai dengan kemampuan.

"Makanya, kompetisi desain merchandise dilakukan agar industri kreatif Indonesia terus menggeliat dan semakin berjaya," katanya menambahkan.

INASOC di Plaza Senayan Jakarta memerkan beberapa contoh merchandise, antara lain kaos, tas, dan maskot SEA Games 2011 berupa Modo dan Modi, yang menggambarkan pasangan komodo. Merchandise itu diharapkan dipilih oleh masyarakat sehingga akan diperbanyak.

Sistem pemilihan itu dilakukan melalui pemungutan suara dalam jaringan (daring) Internet atau online voting melalui www.seagstore.com dan akan dilakukan hingga 21 Juli 2011. Bagi masyarakat yang beruntung yang telah melakukan pemungutan suara akan mendapatkan hadiah melihat langsung pertandingan SEA Games.

Bagi perusahaan yang berhak mencetak merchandise, kata dia, akan diberikan fasilitas khusus salah satunya dengan memberikan tempat menjual baik di Jakarta maupun Palembang.

"Masyarakat juga bebas menjual merchandise. Yang jelas, tidak ada batasan. Masyarakat harus terlibat pada kegiatan ini," katanya menegaskan.

Ketua Pelaksana Nasional INASOC, Rita Subowo, mengatakan bahwa ada empat pilar yang harus disukseskan pada olahraga terbesar di Asia Tenggara itu, yaitu sukses penyelenggaraan, prestasi, ekonomi dan meninggalkan kenangan warisan (legacy).

"Jadi, semuanya harus terlibat dalam kegiatan besar ini," katanya, usai membukan pameran kompetisi desain merchandise SEA Games 2011.

SEA Games 2011 diikuti 11 negara. Ada 43 cabang olahraga yang dipertandingkan masing-masing 22 cabang di Jakarta dan 22 cabang di Palembang. Satu cabang yaitu sepak bola dilaksanakan didua tempat. (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011