Jakarta (ANTARA) - Korea Selatan membukukan tempat final Piala Asia Putri 2022 setelah menang 2-0 atas Filipina dalam pertandingan Kamis sehingga tetap berada dalam jalur menjuarai gelar kontinental pertamanya.

Dua gol babak pertama yang dicetak Cho So-hyun dan Son Hwa-yeon membawa Korea Selatan ke final untuk pertama kalinya dalam 47 tahun sejarah kompetisi ini dan sekaligus mengakhiri perjalanan bak dongeng tim putri Filipina yang dilatih Alen Stajcic.

Tim asuhan Colin Bell itu akan menghadapi juara bertahan Jepang atau China pada laga penentuan Minggu. Jepang dan China segera memainkan partai semifinal mereka Kamis malam ini pukul 21.00 WIB.

Korea Selatan menghadapi tim Filipina yang untuk pertama kali tampil dalam empat besar dan sudah memastikan tempatnya dalam debut mereka pada putaran final Piala Dunia tahun depan setelah mengalahkan Taiwan pada babak sebelumnya.

Baca juga: Tiket Piala Dunia Putri jadi inspirasi generasi mendatang Filipina 

Korea Selatan bukan tim tandingan Filipina. Cho membawa timnya unggul pada menit keempat setelah menyundul tendangan sudut Kim Hye-ri.

30 menit kemudian, manuver Choo Hyo-joo di sisi kiri lapangan membuka pertahanan Filipina dan umpannya dari jarak dekat diteruskan Son untuk membawa Korea Selatan unggul dua gol.

Piala Asia sudah difungsikan sebagai ajang kualifikasi Piala Dunia Putri tahun depan, di mana empat semifinalis otomatis maju ke putaran final yang dituanrumahi bersama oleh Australia dan Selandia Baru.

Tim putri kelima Asia untuk putaran final Piala Dunia tahun depan akan diperebutkan Vietnam, Thailand dan Taiwan yang bertanding satu sama lain dalam playoff.

Peringkat kedua dan ketiga bakal maju ke playoff internasional untuk satu tempat putaran final Piala Dunia Putri lainnya, demikian laporan Reuters. 

Baca juga: Jepang ke semifinal, Australia tersingkir dari Piala Asia Putri 
Baca juga: Piala Asia Putri kuak fakta bahwa liga dan proses itu amat penting 

 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2022