Solo (ANTARA) - Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia telah menyiapkan enam atlet cabang olahraga menembak untuk mengikuti Asian Para Games 2022 di Hangzhou, China yang akan digelar pada 9-15 Oktober mendatang.

"Enam petembak NPC Indonesia yang telah disiapkan itu, sudah menjalani pemusatan latihan nasional (Pelatnas) di Kusuma Sahid Prince Hotel Solo, Jawa Tengah, sejak Desember 2021 hingga sekarang," kata Pelatih Kepala Cabang Menembak NPC Indonesia, Aris Haryadi, di Solo, Selasa.

Enam atlet menembak NPC Indonesia tersebut yakni Bolo Triyanto yang akan turun di kelas senapan SH2 nomor R4 (standing) dan R5 (prone) putera, Afni Rahmadhani kelas SH2 nomor R4 (standing mixed), Hanik Puji Astuti kelas SH1 nomor R2 (standing) puteri, Triyanti kelas P2 pistol puteri, Ira Wiranda P2 pistol puteri, dan Waidi P1 pistol putera.

Cabang olahraga menembak termasuk baru sehingga tidak dilombakan di ASEAN Para Games XI di Solo Jateng. Untuk itu, enam atlet menembak difokuskan pada Asian Para Games 2022 di Hangzhou China yang digelar pada 9-15 Oktober mendatang.

Peluang NPC Indonesia pada tingkat Asia APG Hangzhou China diharapkan bisa merebut dua medali emas melalui penembak putera Bolo Triyanto asal Jateng di kelas senapan SH2 dan Hanik Puji Astuti (Jateng) SH2 main satu nomor R2 (standing).

Dalam cabang menembak, kata Aris, dapat dilihat dari jam terbang, seperti atlet Bolo Triyanto, yang dikirim ke Paralimpiade Tokyo Jepang 2020, menempati peringkat 24 dunia. Petembak peringkat di atasnya mayoritas dari Negara Eropa dan Amerika Latin.

Petembak dari negara-negara Asia yang menjadi pesaing berat dari Korea, Jepang, dan tuan rumah China. Peluang penembak Bolo Triyanto, cukup besar bisa meraih medali di APG Hangzhou China.

"Petembak Bolo Triyanto ini, skor terbaik dalam pelatnas ini, sudah ada peningkatan mencapai 639. Bolo pada Paralimpiade Tokyo 2020 skor terbaik 635 dan atlet peraih emas skor 639,5," kata Aris.

Petembak puteri NPC Indonesia Hanik Puji Astuti yang turun SH2 nomor R2 (standing) skor terbaik 620 juga berpeluang. Penembak puteri ini, diharapkan juga dapat lolos kedelapan besar yang berpeluang merebut medali pada APG 2022 Hangzhou China.

Empat petembak lainnya merupakan rekrutmen dari hasil seleksi Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) Papua. Mereka peraih pedali emas pada Peparnas kemudian diseleksi masuk Pelatnas APG Hangzhou.

Keenam atlet menembak NPC Indonesia akan dikirim uji coba mengikuti kejuaraan dunia menembak di Prancis, pada Juni 2022 pendatang. Keenam atlet ini, diharapkan bisa mendapat poin lolos ke Paralimpiade 2024 di Paris mendatang.

Atlet menembak NPC Indonesia Bolo Triyanto mengatakan dirinya terus bekerja keras melakukan latihan untuk memperbaiki skor dalam persiapan APG Hangzhou China Oktober mendatang.

"Atlet menembak perlu fokus dan konsentrasi tinggi. Saya dengan adanya pengalaman berharap bisa masuk tiga besar APG Hangzhou 2022 dan lolos di Paralimpiade Paris 2024," kata Bolo.

Baca juga: NPC mulai lakukan persiapan pelaksanaan APG 2022
Baca juga: NPC Indonesia apresiasi pemerintah dalam pembebasan sanksi WADA

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022