Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan bola basket Livin Mandiri Indonesia 3x3 Tournament telah menyelesaikan City Final dan tersisa 40 tim terbaik yang lolos ke Province Final yang akan bergulir di One Belpark Mall Fatmawati, Jakarta, Kamis (31/3).

Selama 10 hari bergulir, Livin Mandiri Indonesia 3x3 Tournament telah sukses menghadirkan persaingan sengit antar tim. Lebih dari 300 tim dari kategori U-18 dan kategori U-23 telah menunjukkan kualitas masing-masing pada fase City Selection di GOR Soemantri Brodjonegoro Kuningan, Jakarta Selatan, 17-21 Maret.

Setelah itu, persaingan pun berlanjut ke City Final yang bergulir di One Belpark pada 25-29 Maret. Hingga akhirnya kini tersisa 40 tim terbaik yang akan kembali bersaing pada Province Final.

"Juara dan runner-up pada fase City Final akan masuk ke Province Final. Kemudian akan dilakukan drawing (hari ini). Ada 40 tim dan satu bagan berisi 10 tim. Ada dua tim yang mendapat bye," kata Event Manager Livin Mandiri Indonesia 3x3 Tournament Abdul Hakim kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Peserta Livin Mandiri Indonesia 3x3 wajib lolos tes antigen

Pria yang akrab disapa Okim itu menuturkan bahwa gelaran Livin Mandiri Indonesia 3x3 Tournament sukses menyedot perhatian insan basket di Tanah Air. Maklum, tak banyak gelaran seperti ini bergulir, terlebih pada masa pandemi COVID-19.

"Saya sendiri tidak menyangka dalam masa pandemi ini ratusan orang hadir untuk menyaksikan pertandingan. Memang belum seperti dulu (sebelum pandemi), tapi sekarang sudah sangat baik," kata Okim menambahkan.

Dia berencana untuk terus menggelar ajang Livin Mandiri Indonesia 3x3 Tournament di sejumlah kota selanjutnya. Sehingga diharapkan akan lahir bibit-bibit pebasket potensial yang nantinya bisa pentas di kompetisi internasional.

"Kami juga berencana ingin membuat liga agar konsistensi eventnya terjaga. Bisa dikatakan ajang basket itu kurang selama pandemi. Melihat banyaknya tim yang turut serta menjadi penyemangat kami untuk memberikan wadah kepada mereka," pungkas Okim.

Baca juga: City Selection Livin Mandiri Indonesia 3x3 Tournament sajikan 480 laga

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022