Surabaya (ANTARA News) - Empat pebulu tangkis unggulan putra yang telah menjuarai Sirkuit Nasional 2011 menguasai babak semifinal Djarum Sirnas Flypower Pertamina Jatim Terbuka di Surabaya, setelah sukses mengatasi lawan-lawannya, Kamis malam.

Empat pebulu tangkis itu masing-masing Alamsyah Yunus (juara Sirnas Makassar), Fauzi Adnan (juara Sirnas Pangkalpinang dan Bali), Senatria Agus Setia (jawara Sirnas Bengkulu dan Bandung), serta Ahmad Rivai (juara Sirnas Jakarta dan Semarang).

Unggulan teratas Alamsyah Yunus (PB Pertamina) maju ke semifinal dengan mengalahkan Dea Adi Rangga (Guna Dharma) 21-8, 21-10, dan akan bertemu unggulan ke-4 Ahmad Rivai (Bank Sumsel Babel) yang lolos dengan kemenangan 21-15, 11-21 (ret).

Unggulan kedua sekaligus andalan tuan rumah Jatim Fauzi Adnan melaju dengan menghentikan Kaisar Bobby Alexander (Exist) 21-13, 21-14. Selanjutnya Fauzi ditantang Senatria (SGS PLN Bandung) yang meraih kemenangan mudah 21-13, 21-11 atas Ian Jovi (Exist).

Pertemuan Fauzi melawan Senatria merupakan ulangan final Sirnas Jatim 2010 yang saat itu dimenangkan Senatria dengan skor 21-18, 21-8.

"Tahun lalu saya kalah karena kondisi sedang tidak prima. Kali ini saya siap membalasnya, meskipun itu tidak mudah," kata Fauzi.

Setelah menjuarai Sirnas Pangkalpinang dan Bali, serta menjadi finalis di Sirnas Makassar, Fauzi mengaku, motivasinya untuk kembali merebut gelar juara makin tinggi.

"Yang pasti pertandingan semifinal besok akan seru dan ketat," katanya.

Alamsyah Yunus mengatakan bahwa empat pemain yang lolos ke semifinal memiliki peluang sama untuk lolos final dan merebut kembali gelar juara turnamen berhadiah total Rp180 juta itu.

Saat menghadapi Dea Adi Rangga di perempat final, Alamsyah Yunus tampil dominan dan menunjukkan kualitasnya sebagai kandidat kuat juara.

"Ahmad Rivai bukan lawan yang ringan dan kami juga sudah saling tahu kemampuan masing-masing. Saya akan berusaha main semaksimal mungkin di semifinal besok," kata Alamsyah yang mengincar gelar kedua secara beruntun setelah pekan lalu juara di Sirnas Makassar.

Mantan Kabid Binpres PB PBSI Lius Pongoh mengatakan, lolosnya keempat unggulan atas itu tidak terlalu mengejutkan karena kualitas mereka memang lebih baik dibandingkan dengan pesaingnya.

"Mereka juga sudah membuktikan sebagai juara di sirnas sebelumnya. Yang jelas partai semifinal dan final akan berlangsung sengit," ujarnya di sela-sela Sirnas Jatim.
(T.D010/M029)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011