Jakarta (ANTARA News) - Tim panahan Filipina optimistis untuk meraih target enam emas yang dibebankan kepada mereka dalam SEA Games XXVI kali ini.

"Kami telah berlatih dengan maksimal untuk mencapai hasil tersebut," kata pelatih tim panahan Filipina, Ricardo Verga, usai menjalani sesi latihan resmi di Lapangan Panahan, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu sore.

Ricardo mengatakan bahwa target enam emas tersebut terutama diharapkan dari nomor recurve dan compound putra.

"Untuk nomor compound putra saya menilai tim Malaysia merupakan lawan yang berat, untuk compound putri tentunya Indonesia," kata Ricardo.

"Sementara untuk individual, kami sangat mewaspadai Delli Threesyadinda, dia sangat hebat," katanya.

Menurut Ricardo, rival tradisional Filipina lainnya seperti Malaysia dan Thailand juga patut diwaspadai.

"Myanmar juga bisa menjadi kuda hitam sekarang," katanya.

Terkait persiapan yang telah dilakukan timnya, Ricardo yakin bahwa anak asuhnya berada dalam kondisi prima, meskipun harus bertanding di Jakarta, yang dianggapnya memiliki temperatur cuaca cukup tinggi.

"Pada sesi latihan hari ini kami cukup merasakan panasnya Jakarta, tapi semuanya berjalan lancar. Semoga besok cuacanya lebih bersahabat," katanya.

Cabang panahan dijadwalkan mempertandingkan babak kualifikasi untuk nomor recurve pada Minggu, sementara kualifikasi nomor compound baru akan digelar pada Senin.

Sebanyak 10 medali emas diperebutkan oleh 105 atlet panahan dalam SEA Games XXVI yang akan berlangsung hingga 22 November mendatang.

(T.SDP-10/

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011