Jakarta (ANTARA News) - Atlet panahan putri untuk nomor recurve Erwina Safitri menyumbangkan emas pertama bagi Indonesia setelah menang atas Thin Thin Khine dari Myanmar.

Erwina berhasil menang atas Thin Khine dengan skor 27-26, 25-23, 25-23, di Lapangan Panahan Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa.

Meskipun baru pertama kali tampil di SEA Games, Erwina tampak tenang dan penuh konsentrasi dalam pertandingan final perebutan emas meskipun cuaca relatif kurang bersahabat pasca hujan.

"Tidak ada masalah, semuanya lancar saja dari awal," kata Erwina yang menumbangkan Dao Loc Thi asal Vietnam pada babak semi final.

Sementara itu, Pelatih tim panahan Endah Sulistyorini mengatakan bahwa pencapaian emas dari nomor recurve putri tersebut sesuai dengan yang diharapkan.

"Sejak awal untuk nomor recurve putri memang diharapkan meraih emas, baik individual maupun beregunya nanti," kata Endah.

"Saya merasa haru dan bangga terhadap anak asuh saya, apalagi mereka mau mengorbankan uang sakunya untuk membeli alat sendiri," katanya.

Tim panahan Indonesia sebelumnya mendapat target empat emas sebagai bagian dari target juara umum Indonesia di SEA Games XXVI.

Cabang panahan akan mempertandingkan babak eliminasi untuk nomor compound putra dan putri pada Rabu, sedangkan babak eliminasi untuk recurve beregu baru akan dipertandingkan sehari setelahnya.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011