Saya minta waktu tiga tahun, tetapi kata Ketua KONI/KOI, Rita Soebowo masih ada waktu tujuh tahun.
Palembang (ANTARA News) - Provinsi Sumatera Selatan siap untuk menjadi tuan rumah Asian Games tahun 2018 setelah sukses melaksanakan SEA Games XXVI yang berlangsung 11-22 November 2011.

"Asian Games kita siap, tetapi butuh waktu untuk persiapan," kata Gubernur Sumatera Selatan, H Alex Noerdin, di Palembang, Rabu.

Menurutnya, untuk melaksanakan perhelatan olahraga Asian Games itu dirinya meminta waktu sekitar tiga tahun dalam mempersiapkannya.

"Saya minta waktu tiga tahun, tetapi kata Ketua KONI/KOI, Rita Soebowo masih ada waktu tujuh tahun," kata Alex usai syukuran sukses dalam melaksanakan SEA Games XXVI di Palembang.

Ia mengatakan, persiapan itu diantaranya merencanakan pembangunan dua jembatan yakni Musi III dan Musi IV, kemudian jalan lingkar, jalan akses dan jalan tol.

Kemudian pembangunan sekitar 20 arena pertandingan lagi dan hotel berbintang empat dan bintang lima, ujarnya.

Ia menyatakan, juga perluasan bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dan perluasan landasan pacu di bandara tersebut.

Akan tetapi, lanjutnya, "sebelum ini Sumsel siap menjadi tuan rumah SEA Games XXVI, jadi kita juga siap menjadi tuan rumah Asian Games 2018".

Sebagaimana diketahui sejumlah arena pertandingan yang dibangun di kawasan Jakabaring Palembang seperti lapangan tembak, ski air, stadion atletik, lapangan tenis, aquatik, petanque, panjat tebing dan bisbol.

Pada SEA Games XXVI Indonesia dilaksanakan di Jakarta dan Palembang itu, mempertandingkan 43 cabang olahraga berlangsung 11-22 November 2011.

Kota Palembang sendiri selain penyelenggara pertandingan 21 cabang olahraga, juga ditunjuk sebagai tempat pembukaan dan penutupan SEA Games XXVI.

(KR-SUS)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011