Solo (ANTARA News) - Empat atlet panahan Indonesia melaju ke babak final perebutan medali emas di nomor perseorangan ajang ASEAN Paragames VI/2011 setelah pertandingan eliminasi di Stadion Sriwedari Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

Keempat atlet tersebut adalah Helda Ampang yang turun di nomor recurve putri untuk kursi roda, Sutrisno di nomor recurve putra kursi roda, Suranto di nomor recurve berdiri putra, dan Musahari untuk di nomor berdiri compound.

Pada laga final yang akan dilaksanakan pada Sabtu sore nanti, Helda Ampang yang sempat mengalahkan sesama atlet panahan asal Indonesia Haryati di babak semifinal, akan berhadapan dengan atlet Malaysia, Nor Saadah Abd Wahab.

Sementara Sutrisno yang turun di nomor recurve kursi roda putra, akan bertanding melawan pemain Malaysia Azrul Rashid.

Dua atlat lainnya yakni Suranto dan Musahari, masing-masing akan berhadapan dengan andalan Thailand Sakon Inkaen dan pemain Malaysia Yuhaizan Yahaya.

Menembusnya empat atlet panahan Indonesia di laga final tersebut, memang sesuai dengan target dan prediksi tim pendamping dari manajer hingga pelatih tim nasional Indonesia.

Manajer panahan Indonesia, Rio Suseno, usai laga eliminasi mengatakan saat ini ketangguhan mental para atlet menjadi kunci utama kesuksesan mereka dalam merebut medali emas.

"Kesempatan untuk meraih emas kini 50:50 dan kami hanya bisa meraih sukses berdasarkan kekuatan mental masing-masing atlet," kata dia.

Pelatih Indonesia, Mulyo, mengatakan 11 atlet Indonesia yang mengikuti babak kualifikasi di cabang olahraga panahan seluruhnya merupakan atlet baru di cabang tersebut.

"Sebagian besar dari mereka adalah pemain baru di panahan. Mereka sebelumnya banyak menggeluti atletik namun kami yakin seluruhnya memiliki kemampuan untuk dapat merebut emas di panahan ini," kata dia.

Para atlet panahan tersebut, kata dia, telah mengikuti pelatihan nasional selama enam bulan terakhir.
(ANT)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011