Solo (ANTARA News) - Tim panahan Malaysia berhasil meraih dua dari lima medali emas yang diperebutkan pada nomor individu ASEAN Paragames VI/2011 di Stadion Sriwedari Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

Dua medali emas tersebut diraih Yuhaizam Yahaya pada nomor compound putra dan Nor Saadah Abd pada nomor recurve duduk putri.

Yuhaizam yang merupakan unggulan pertama kualifikasi nomor compound putra berhasil menundukkan atlet panahan Indonesia Musahari pada babak final dengan skor 95-96.

Sementara Nor Saadah menundukkan atlet Indonesia Helda Ampang dengan skor 6-2 di laga final.

Selain Malaysia, tim Thailand juga membawa pulang dua medali emas dari nomor individu panahan dan hanya menyisakan satu medali emas untuk Indonesia.

Medali emas Thailand diperoleh dari Sakon Inkaen yang merupakan unggulan pertama di nomor recurve berdiri putra dan Wasana Kuthawisap yang meraih kemenangan penuh di nomor recurve berdiri putri.

Sakon Inkaen menundukkan atlet panahan Indonesia Suranto dengan skor 6-0 dan Wasana Khufhawisup mengalahkan rekan senegaranya Priyaphon Kaeochaime di babak final.

Satu medali emas yang berhasil dibawa pulang oleh tim Indonesia didapatkan dari Sutrisno yang bermain di nomor recurve duduk putra.

Sutrisno berhasil mengalahkan andalan Thailand Henreuchi Netsiri dengan skor 6-4 di babak final.

Manajer tim Indonesia Rio Suseno usai pertandingan final mengatakan melajunya empat atlet Indonesia ke babak final di nomor perseorangan cabang olahraga panahan menjadi prestasi tersendiri bagi para atlet penyandang disabilitas tersebut.

"Mereka semua adalah pemain baru di cabang panahan karena sebelumnya telah menggeluti berbagai olahraga lainnya seperti atletik. Medali emas itu membuktikan bahwa mereka mampu," kata Rio.

Dia mengatakan faktor utama yang menentukan kemenangan bagi para atlet adalah kekuatan mental dan konsentrasi tinggi dalam meraih poin penuh.

Kini, kata dia, para atlet harus mulai berkonsentrasi kembali untuk menghadapi laga pada nomor beregu yang dipertandingkan mulai Minggu (18/2) pagi.

Dari hari kedua pertandingan cabang panahan, Indonesia berhasil membawa satu medali emas, tiga medali perak, dan dua medali perunggu.

Dua medali perunggu dipersembahkan Veronika Ninik di nomor recurve berdiri putri dan Agus Ristanto di nomor compound putra.

Perolehan Medali Sementara Cabang Panahan

Negara, Emas, Perak, Perunggu
Thailand 2 2 2
Malaysia 2 0 0
Indonesia 1 3 2
Filipina 0 0 1

(ANT-202/N002)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011