Kami bersyukur sekali dapat memperbaiki prestasi dari sebelumnya meraih perunggu di SEA Games Filipina tahun 2019, kini dapat perak
Hanoi, Vietnam (ANTARA) - Tim basket putri Indonesia meraih medali perak pada SEA Games Vietnam 2021 setelah mengumpulkan empat kemenangan dari total enam peserta dalam sistem pertandingan round robin di Thanh Try Gymnasium, Hanoi, Minggu.

Tim Indonesia ini pada laga pertama langsung berhadapan dengan Filipina, yang menjadi juara pada ajang ini. Indonesia harus mengakui keunggulan lawan dengan skor 77-93.

Kemudian, laga berikutnya, Sutjiono Henny dkk. mampu mengalahkan Vietnam dengan skor 93-80, lalu Malaysia 70-52 dan Thailand 76-64.

Baca juga: Basket putra Indonesia pastikan setidaknya raih medali perak SEA Games

Lalu, pada laga terakhir, Minggu, yang turut disaksikan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, tim basket putri ini mampu menyempurnakan kemenangannya dengan mengalahkan Singapura pada pertandingan terakhir dengan skor 87-53.

Manajer Tim Basket Putri Chirstopher Tanuwidjaja mengatakan kekuatan dari enam negara kontestan bola basket di SEA Games kali ini terbilang merata.

Ia pun tak menyangkal bahwa sejatinya Indonesia dapat meraih medali emas.

“Kita memang kalah dari Filipina di awal, tapi kita bisa menang jauh dari Malaysia dan buktinya Malaysia bisa menang atas Filipina,” kata dia.

Kekuatan tim basket putri ini, menurutnya, benar-benar diuji saat menghadapi Thailand, ketika sempat tertinggal hingga 15 poin tapi dapat mengejar hingga akhirnya memetik kemenangan.

Ia mengatakan secara keseluruhan performa tim basket putri Indonesia terus menanjak sejak diarsiteki oleh pelatih asal Taiwan, Lin Chi Wen yang mendampingi tim sejak setahun terakhir.

“Adanya pelatih baru dari Taiwan ini saya lihat ada impact yang bagus,” kata dia.

Baca juga: Basket putra Indonesia siap catatkan sejarah di SEA Games 2021

Selain itu, adanya kesempatan untuk menjajal kejuaraan internasional juga membuat tim basket putri semakin percaya diri berlaga di SEA Games.

Pada ajang FIBA Asia Cup 2021 November lalu, tim ini mampu meraih perunggu sehingga secara otomatis memperbaiki peringkat rangking dunia yang langsung naik 13 tingkat.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Nirmala Dewi mengatakan capaian tim basket putri ini mencatatkan sejarah baru bagi Indonesia karena untuk kali ketiganya dapat meloloskan tim ke partai puncak.

Sebelumnya tim basket putri Indonesia juga meraih medali perak pada SEA Games 1993 dan SEA Games 2015.

“Ini berkat kerja keras semua pihak yang peduli terhadap basket. Kami bersyukur sekali dapat memperbaiki prestasi dari sebelumnya meraih perunggu di SEA Games Filipina tahun 2019, kini dapat perak,” kata Nirmala.

Tim basket putri diperkuat oleh 12 pemain, yakni Lestari Diah, Elya Gradita Retong Agustin, Pratita Citta Dewi Kadek, Callista Wongsohadjo, Anggraini Yuni, Claresta Orville Nathania, Sophia Gabriel, Nanda Perdana Putri Mega, Sutjiono Henny (C), Pierre-Louis Kimberley, Antonio Clarita, dan Jennifer Candra Angelica.

Baca juga: Timnas basket putri Lebaran di Surabaya demi SEA Games

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022