Beijing (ANTARA) - Untuk pertama kalinya sejak 1968 tim sepak bola Hong Kong lolos ke putaran Piala Asia meskipun di babak akhir kualifikasi pada Selasa (14/6) harus menyerah 0-4 di tangan India.

Hong Kong berhak mendapatkan tiket ke Piala Asia setelah mencatatkan diri sebagai salah satu dari lima tim runner-up terbaik di babak kualifikasi bersama Kirgistan, Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Tergabung di grup D, Hong Kong mengemas enam poin atas dua kemenangan melawan Afghanistan dan Kamboja, namun kebobolan empat gol tanpa balas dalam pertandingan terakhir melawan India.

Hong Kong tercatat tiga kali tampil di ajang paling bergengsi di Asia tersebut, yakni pada 1956 yang berhasil menempati peringkat ketiga, 1964 (keempat), dan 1968 (kelima), tulis media China.

Keberhasilan Hong Kong lolos ke Piala Asia itu seakan menjadi kado bagi pemerintahan baru di bawah kepemimpinan John Lee Kachiu yang bakal dilantik pada 1 Juli mendatang sekaligus ulang tahun yang ke-20 kembalinya Hong Kong ke China.

Baca juga: China putuskan John Lee sebagai Kepala Eksekutif Hong Kong
Baca juga: Shin Tae-yong yakin timnas Indonesia lebih kuat pada Piala Asia 2023

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022