Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bola basket Filipina meraih kemenangan perdana di Piala FIBA Asia 2022 saat melumat India dengan skor telak 101-59 dalam lanjutan Grup D di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat.

William Navarro memimpin perolehan angka Filipina dengan mencetak 18 poin, diikuti Thirdy Ravena 17 poin, Bobby Ray Parks 12 poin, dan Rhenz Joseph Abando 10 poin.

Sedangkan di kubu India hanya Muin Bek Hafeez dan Pranav Prince yang melampaui catatan dua digit angka, masing-masing dengan 14 dan 11 poin.

Kemenangan ini membuat Filipina untuk sementara melompat ke puncak klasemen Grup D dengan raihan tiga poin. Tapi posisi mereka dipastikan tidak akan bertahan lama sebab Selandia Baru dan Lebanon yang sama-sama memiliki dua poin bakal bertemu satu sama lain mulai pukul 20.00 WIB.

Baca juga: Filipina dibuat kewalahan oleh tripoin Lebanon dalam kuarter ketiga

Anak-anak asuh Vincent "Chot" Reyes mengalami peningkatan performa yang begitu kentara dibandingkan pertandingan pertama saat dikalahkan Lebanon 80-95 dua hari yang lalu.

Tingkat akurasi tembakan Filipina di laga kali ini mencapai 59,3 persen untuk percobaan terbuka, 69,7 persen dua poin, dan 46,2 persen tripoin, meningkat drastis dibandingkan berurutan 43,5 persen, 52,6 persen, dan 32,3 persen dua hari lalu.

Tren perbaikan akurasi tembakan juga diperlihatkan India, tapi salah satu tim dengan roster termuda di Piala FIBA Asia 2022 itu tidak cukup agresif dalam melancarkan serangan melawan Filipina.

Skor nirpoin terjadi nyaris dalam tiga setengah menit awal, hingga akhirnya Prince memecah kebuntuan dengan sebuah dunk pada sisa waktu enam menit 33 detik kuarter pertama untuk membawa India memimpin 2-0 atas Filipina.

Namun, itu menjadi kali terakhir India merasakan keunggulan atas Filipina yang kemudian melesat dan menutup kuarter pertama dengan keunggulan 20-13 berkat tembakan dua angka Thirdy Ravena.

Baca juga: Lebanon enggan dilamun euforia kemenangan atas Filipina

Filipina merasakan marjin keunggulan dua digit pertama mereka pada satu setengah menit memasuki kuarter kedua setelah Thirdy membukukan three-point play demi membuat kedudukan jadi 25-15.

Sesudahnya, Filipina terus melaju dan menyudahi paruh pertama dengan skor 51-33 atas India.

Marjin yang terus melebar membuat Chot Reyes leluasa melakukan rotasi dan tercatat dari 12 pemainnya hanya Carl Vincent Tamayo saja yang melantai di atas 20 menit, sementara Filipina mengantungi kemenangan telak 101-59.

Rangkaian pertandingan pemungkas Grup D dijadwalkan berlangsung pada Minggu (17/7). India tampil lebih dulu menghadapi Lebanon mulai pukul 11.00 WIB, sedangkan Filipina menantang Selandia baru pada pukul 20.00 WIB.

Baca juga: Iran dikte Kazakhstan untuk puncaki klasemen Grup C FIBA Asia Cup

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022