Jakarta (ANTARA) - Salah satu cara untuk menghabiskan waktu liburan adalah dengan menginap di hotel, atau staycation.

Biasanya pelancong akan mengunjungi hotel-hotel pilihan dengan fasilitas-fasilitas yang sesuai dengan keinginan mereka. Salah satu fasilitas yang dicari adalah kolam renang.

VP of Commercial and Marketing Pegipegi, Ryan Kartawidjaja mengatakan dalam keterangan resmi, Sabtu, “Fasilitas kolam renang kerap dimanfaatkan para pelancong untuk menambah keseruan momen menginap mereka agar tidak membosankan."

"Kolam renang juga bisa digunakan untuk relaksasi dengan berendam di air sekaligus melepas penat seusai menjalani aktivitas sehari-hari yang padat. Hal ini dikonfirmasi berdasarkan data yang diperoleh bahwa 1 dari 3 pelanggan kami memilih hotel dengan fasilitas kolam renang ketika ingin menginap.”

Baca juga: Coba mendaki gunung untuk rayakan momen kemerdekaan Indonesia

Berdasarkan data internal, Pegipegi mengungkap 10 provinsi di Indonesia yang memiliki persentase tertinggi terkait hotel dengan fasilitas kolam renang, yaitu Banten (51,4 persen), Bali (48,5 persen) kemudian DKI Jakarta (37,3 persen). Disusul dengan Nusa Tenggara Barat - 34,4 persen, Jawa Barat - 29,9 persen, Sulawesi Utara - 18,2 persen, Kepulauan Riau - 16,6 persen, Jawa Timur - 15,0 persen, Papua - 14,4 persen dan Nusa Tenggara Timur - 13,9 persen.

Ryan juga mengungkap empat hal yang perlu diperhatikan para pelancong agar bisa memilih hotel yang nyaman untuk mengisi liburan.

Periksa ulasan hotel
Pastikan hotel yang dipilih memiliki reputasi yang baik. Caranya dengan membaca ulasan-ulasan para pengunjung hotel tersebut.

“Mempelajari ulasan positif dan negatif para pengunjung hotel sebelumnya menjadi kunci utama sebagai referensi untuk selanjutnya pelancong dapat menentukan keputusan apakah hotel tersebut bisa menjadi tempat yang nyaman untuk mengisi waktu liburan,” kata Ryan.

Fasilitas
Selain fasilitas kolam renang yang menjadi salah satu preferensi pelancong menginap di hotel, terdapat fasilitas lainnya yang perlu diperhatikan agar momen menginap bisa semakin nyaman. Setiap hotel memiliki ragam fasilitas yang berbeda-beda satu sama lain, sehingga pelancong perlu melihat lebih jeli fasilitas apa saja yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan selama menginap.

Cek kelengkapan fasilitas di hotel, mulai dari tempat parkir, restoran, layanan dan luas kamar, morning call, cleaning service hingga coffee shop. Selain itu, perhatikan pula kelengkapan fasilitas di kamar, seperti televisi, wifi, peralatan mandi, mini bar, bathrobe, sisir hingga pengering rambut.

Pilihan menu makanan
Sebelum memutuskan menginap di hotel, pelancong perlu memprediksi apakah hotel yang akan dikunjungi memiliki pilihan menu makanan yang bervariCarany

Caranya dengan mencari referensi di internet, mengamati media sosial, menghubungi pihak hotel, hingga melihat ulasan para pengunjung sebelumnya apakah mereka menilai pilihan menu makanan di suatu hotel bervariasi atau tidak. Semakin banyak pilihan menu makanan, pelancong akan semakin dimanjakan ketika menginap.

Keramahan staf
Kualitas hotel tak hanya dinilai dari kelengkapan fasilitas secara keseluruhan, melainkan juga kualitas layanan. Keramahan para staf hotel dalam melayani tamu biasanya menjadi salah satu aspek yang diperhatikan para pelancong ketika akan menginap.

Untuk melihat aspek ini, para pelancong bisa membaca ulasan dari para pengunjung hotel sebelumnya yang menyoroti kualitas pelayanan dari para staf hotel. Hal ini untuk memastikan momen inap semakin nyaman karena para staf hotel bisa melayani berbagai kebutuhan tamunya dengan ramah dan baik.

Baca juga: Biro perjalanan daring gaet pemerintah kembangkan wisata domestik

Baca juga: Mengintip majunya revitalisasi pedesaan di Hunan, China

Baca juga: Hong Kong persingkat masa karantina hotel bagi pelancong jadi 3 hari

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022