Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Pusat Kick Boxing Indonesia (PP KBI) Ngatino mengatakan terus melakukan persiapan demi kesuksesan debut kick boxing pada PON XXI/2024 di Aceh-Sumatra Utara.

PP KBI mendapat pengalaman berharga setelah sebelumnya kick boxing menjadi cabang olahraga ekshibisi di PON XX/2021 Papua. Sehingga Ngatino optimistis pada PON 2024, kick boxing dapat sukses melahirkan bibit atlet potensial.

"Terima kasih kepada KONI Pusat karena diberikan kesempatan ekshibisi pada PON XX/2021 di Papua, kemudian dipertandingkan pada PON XXI/2024. Ke depan, beban berat untuk kami, berat bila kami pikul sendiri tetapi ringan bila bersama," ujar Ngatino dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Ngatino mengajak jajaran PP KBI masa bakti 2022-2026 yang resmi dilantik dan dikukuhkan Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman di Kantor KONI Pusat, Senayan, Jakarta, Selasa, untuk bersama-sama membangun olahraga kick boxing Indonesia.

Baca juga: PP KBI percaya tugas tim review meski kuota atlet SEA Games dipangkas

Salah satu upaya meningkatkan prestasi yakni dengan mendatangkan pelatih berkualitas dari Kirgizstan Tokhir Marasulov dan Edward Temirov yang berkontribusi mendulang dua emas, satu perak, dan satu perunggu pada SEA Games Vietnam 2021.

Dua emas diraih Amanda La Loupatty dari nomor Women’s low kick 52 kg dan nomor Women’s full contact 56 kg melalui Diandra Ariesta Pieter.

Sementara perak dipersembahkan oleh Salmri Stendra Parrisamallo di nomor Men’s Full Contact 51 kg dan perunggu kembali melalui Nadya Nakhoir dari nomor Women’s full contact 48 kg.

Sementara itu, Marciano mengapresiasi kinerja PP KBI yang terbilang baru dibanding cabang bela diri lainnya seperti karate, taekwondo, judo, dan sebagainya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Ngatino dan jajaran pengurusnya yang telah melalui proses panjang menjadi anggota KONI Pusat, kemudian ikut dalam ekshibisi di PON Papua, kemudian juga mempersembahkan dua medali emas SEA Games Vietnam yang membuat kita semua bangga,” kata Marciano.

Marciano berharap di bawah kepengurusan Ngatino untuk kali kedua, prestasi kick boxing bisa lebih baik, khususnya pada SEA Games 2023 di Kamboja.

"Saya berharap kick boxing kembali mampu membuat kita semua bangga karena atlet kick boxing meraih medali emas," ujarnya menambahkan.

Marciano juga mengingatkan PP KBI agar mengawali dengan perbaikan kualitas tata kelola organisasi. Menurutnya, pengurus harus bertanggung jawab pada tugasnya masing-masing.

Organisasi olahraga harus sehat, pengurusnya saling menghormati, dan membuat kebersamaan sebagai kekuatan.

Baca juga: PP KBI gandeng komunitas akademik gelar grading sabuk hitam

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022