Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Korfball Seluruh Indonesia (PP PKSI) Lisa Rudianita berharap cabang olahraga bola keranjang dapat dipertandingkan pada SEA Games XXXIII/2025 di Bangkok, Thailand.

Lisa menyampaikan harapan tersebut di Kantor KONI Pusat, Senayan, Jakarta, Jumat, dalam acara pelepasan tim nasional (timnas) korfball ke kejuaraan IKF Asia-Oceania Korfball Championship 2022 yang bergulir di Pattaya, Thailand pada 28 November-4 Desember.

Adanya ajang tersebut, kata Lisa, menjadi momentum mendorong Thailand sebagai tuan rumah SEA Games 2025 agar turut menyertakan korfball sebagai satu di antara cabang olahraga yang dipertandingkan.

Dia juga akan berusaha untuk memperbaiki peringkat Indonesia di pentas dunia. IKF Asia-Oceania Korfball Championship 2022 menjadi ajang pertama yang diikuti Indonesia setelah pandemi COVID-19.

"Kami akan memperbaiki peringkat Indonesia pada federasi internasional, terutama di negara Asia-Oceania harus masuk lima besar," ujar Lisa.

Adapun dalam gelaran IKF Asia-Oceania Korfball Championship 2022, Indonesia akan bersaing dengan sejumlah negara seperti Australia, China, Taiwan, Hong Kong, India, Jepang, Malaysia, Filipina, Selandia Baru, Singapura, dan Thailand sebagai tuan rumah.

Dalam ajang ini, skuad Merah Putih menurunkan pemain terbaik.

Sekretaris Jenderal KONI Pusat Tb. Lukman Djajadikusuma atau Ade Lukman berharap timnas korfball di Thailand dapat pulang dengan meraih hasil maksimal.

"Selamat bertanding di IKF Asia-Oceania Korfball Championship. Timnas korfball ini terdiri dari atlet terbaik Indonesia, jadi harus bertanding dengan kemampuan maksimal," ujar Ade Lukman yang mendukung korfball agar bisa dipertandingan di SEA Games.

"Tunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia itu bangsa yang hebat dan jangan lupa junjung tinggi sportivitas,” pungkasnya.

Baca juga: KONI: Utamakan cabang olahraga banyak nomor pertandingan
Baca juga: Kamboja tingkatkan pengawasan anti-doping menuju SEA Games 2023

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022