Jakarta (ANTARA) - Letjen TNI (purn.) Joni Supriyanto kembali terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Menembak dan Berburu Indonesia (PB) Perbakin periode 2022-2026.

Dia kembali memimpin induk cabang olahraga menembak setelah terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Nasional (Munas) XIX/2022 di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Sabtu.

Sesuai Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), terdapat serangkaian agenda dalam Munas Perbakin 2022. Selain pemilihan ketua umum, ada juga laporan pertanggungjawaban, evaluasi program kerja periode lalu, maupun rencana kerja ke depan.

Adapun usai terpilih, Joni bertekad untuk terus melanjutkan program pembinaan. Dia juga berharap sinergi yang baik untuk semua pengurus provinsi (pengprov).

"Saya berterima kasih kepada semuanya karena telah memberikan kepercayaan untuk kembali memimpin PB Perbakin. Kami akan melanjutkan program sebelumnya dan fokus pada pembinaan atlet serta perebutan kuota Olimpiade Paris 2024," kata Joni kepada pewarta di Lapangan Tembak Senayan, Sabtu.

Baca juga: Perbakin terus godok petembak muda Indonesia menuju Olimpiade Paris

Pada periode pertama 2018-2022, cabang olahraga menembak di bawah pimpinan Joni Supriyanto mengalami perkembangan signifikan.

"Melangkah bersama dan berprestasi adalah visi kami yang menjadi kompas untuk semua program kerja. Bagaimana bisa bergandeng tangan saling bahu membahu untuk melahirkan prestasi yang mengharumkan nama Indonesia," ujar Joni.

Selama ini, PB Perbakin telah melakukan serangkaian program. Misalnya revitalisasi sekolah menembak, program khusus wasit dan pelatih.

Pembinaan atlet dan pelatih yang berkesinambungan, lalu perbaikan sarana dan prasarana menembak, mendatangkan pelatih dari luar negeri, penyediaan senjata dan munisi murah.

Baca juga: Perbakin terus berupaya tingkatkan prestasi menembak Indonesia
Baca juga: Cabang menembak gelar kualifikasi pertama PON XXI/2024 Aceh-Sumut


Lalu kesempatan sekolah keluar negeri serta mengangkat atlet senior sebagai orang tua asuh.

Perbakin saat ini telah merenovasi beberapa bidang di antaranya, rehabilitasi fisik meliputi, pembangunan lapangan 10M, 25 M, 50 M. Lalu final hall dan running target.

Selain itu juga mengadakan peralatan dan perlengkapan menembak terkini, serta membangun fasilitas mess dan fasilitas penunjang.

Selain itu dalam pembinaan dan latihan, PB Perbakin telah menyelenggarakan pembinaan 135 atlet dari 34 provinsi secara terpusat di Senayan dan di Korea Selatan untuk persiapan SEA Games dan Asian Games.

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022