Jakarta (ANTARA) - Tim balap sepeda Selandia Baru masih terus mendominasi nomor tim pursuit putra dan putri pada UCI Track Nations Cup 2023 yang digelar di Jakarta International Velodrome, Jumat.

Tim putri negara tersebut berhasil meraih emas dengan performa yang begitu kuat dan stabil mengalahkan tim putri Prancis yang harus puas membawa pulang medali perak.

Selandia Baru yang diperkuat oleh Michaela Drummond, Ally Wollaston, Bryony Botha, dan Emily Shearman finis dengan catatan waktu 4:08.440. Tim ini sempat berkejar-kejaran secara intens dengan lawannya, terutama di dua putaran pertama, sebelum akhirnya mencuri posisi dan meraih kemenangan.

"Sangat penting memastikan balapan berjalan dengan baik. Ini menjadi awal yang baik buat saya," kata Wollaston.

Baca juga: Australia & Jerman raih emas di tim sprint UCI Track Nations Cup 2023

Sementara tim Prancis dengan jajaran pemain Victorie Berteau, Clara Copponi, Valentine Fortin, dan Marion Borras finis dengan torehan waktu 4:12.846.

Medali perunggu untuk nomor tim pursuit putri didapatkan oleh skuat Sophie Lewis, Josie Knight, Anna Morris, dan Jessica Roberts untuk tim Inggris Raya yang menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 4:13.975 atas Australia.

Tim Australia, yang diperkuat oleh Georgia Baker, Alexandra Manly, Sophie Edwards, dan Maeve Plouffe harus mengakui kehebatan tim lawan. Mereka finis dengan catatan waktu yang cukup jauh, yakni 4:18.798.

Di sisi lain, tim pursuit putra Selandia Baru harus puas dengan capaian medali perak setelah kalah dari Denmark. Tim Denmark dengan jajaran pemain Tobias Hansen, Robin Skivild, Carl-Frederik Bevort, dan Rasmus Pedersen meraih kemenangan tipis atas Selandia Baru dengan catatan waktu 3:49.210.

Baca juga: Selandia Baru dominasi UCI Track Nations Cup 2023 hari pertama

Meski demikian, Selandia Baru yang diperkuat oleh Aaron Gate, Campbell Stewart, Daniel Bridgwater, dan Nicholas Kergozou de la Boessiere sempat memulai start dengan kuat dan memimpin balapan. Namun, di tiga putaran akhir, Denmark membalikkan keadaan dan finis lebih dulu dari tim lawan dengan selisih 0.744 detik saja.

Perebutan medali perunggu di nomor pursuit putra pun tak kalah seru. Tim Inggris Raya yang diisi dengan performa Oliver Wood, William Tidball, Rhys Britton, dan Charlie Tanfield pada akhirnya memutus dominasi Australia dan berhasil memenangkan balapan dengan waktu 3:50.867.

Tim Australia dengan skuat Oliver Bleddyn, Blake Agnoletto, Conor Leahy, dan James Moriarty berada di belakang Inggris dengan catatan waktu 3:51.601.

Baca juga: Prancis, China tampil konsisten di kualifikasi Tim Sprint

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023