Jakarta (ANTARA) - Pebalap dari benua Eropa menguasai perolehan medali emas untuk nomor sprint putri, keirin putra, omnium putra, serta madison putri di hari ketiga UCI Track Nations Cup 2023 di Jakarta International Velodrome, Sabtu.

Untuk nomor sprint putri, emas berhasil diraih oleh pebalap sepeda asal Prancis Mathilde Gros usai unggul atas Lea Shopie Friedrich asal Jerman dengan mencatatkan waktu tercepat, yakni 11,541 detik.

Medali perunggu nomor sprint putri jatuh ke tangan pebalap Inggris Raya Emma Finucane yang mengalahkan kompatriotnya, Sophie Capewell dengan selisih waktu +0,119 detik.

Di nomor keirin putra, pebalap asal Belanda Harrie Lavaryesen memastikan medali emasnya usai menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 10,239 detik.

Baca juga: Australia & Jerman raih emas di tim sprint UCI Track Nations Cup 2023
Baca juga: Dominasi Selandia Baru tak terhentikan di tim pursuit putra dan putri


"Partai final sejujurnya menjadi balapan yang paling sulit karena saya terlalu cepat untuk berada di barisan depan. Tapi saya senang bisa tetap berada di depan sampai akhir," kata Lavaryesen yang juga peraih dua kali emas Olimpiade itu.

Lalu, medali perak nomor keirin putra direbut oleh Juara Asian Games 2018 dan Juara Dunia 2017 asal Malaysia Mohd Azizulhasni Awang dengan selisih waktu +0,184 detik, dan perunggu diraih Yakolev Mikhail.

Lebih lanjut, di nomor omnium putra, pebalap Denmark Hansen Tobias menjadi juara usai mengumpulkan 134 poin dari scracth race, tempo race, elimination race dan point race. Medali perak omnium putra direbut Stewart Campbell dari Selandia Baru dan perunggu diraih Mora Vedri Sebastian dari Spanyol.

Di nomor madison putri, Denmark yang diwakili dua pebalapnya, Amalie Dideriksen dan Julie Leth keluar sebagai pemenang dengan 42 poin. Melahap 120 lap, keduanya secara total mencatatkan waktu 34 menit 07 detik.

"Ini sangat menarik, rencana kami berjalan baik dan saya hanya mencoba untuk mengontrol jalannya perlombaan. Ini lomba yang sulit dan kami sangat senang bisa menang," ujar Dideriksen.

Sedangkan Prancis yang diwakili Valentine Fortin dan Marion Borras berada di urutan kedua dengan 32 poin, disusul Italia di tempat ketiga dan berhak atas medali perunggu usai Martina Fidanza dan Silvia Zanardi mengumpulkan 26 poin.

Baca juga: Dika Alif Dhentaka beri kejutan di kualifikasi nomor keirin putra
Baca juga: Pelatih: Masih ada peluang untuk Bernard di Kairo dan Milton

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023