Jakarta (ANTARA) - Atlet menembak dari Setia Waspada Shooting Club (SWSC) mendominasi kejuaraan menembak Piala Danpaspampres di Lapangan Perbakin, Senayan, Jakarta, dalam rangka memperingati Hari Bhakti Paspampres ke-77.

Berdasarkan data dari penyelenggara kejuaraan di Jakarta, Selasa, Piala Danpaspampres mempertandingan sebanyak 36 nomor. SWSC yang berada di bawah naungan Paspampres RI menurunkan 26 atlet dan 11 diantaranya menjadi juara dari ajang yang berlangsung pada 16-19 Maret tersebut.

Petembak dari SWSC yang merebut medali emas diantaranya adalah Wenas yang turun di Eksekutif Pro 20 m Pi (TNI/Polri). Selanjutnya Sulistiyo dari Pres. 25 m Pa (TNI/Polri), Robby Kurniawan dari Paspampres Style TNI/Polri, serta beregu putra putri Eks. Pro 20 m TNI/Polri.

Sebelumnya, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay mengatakan turnamen menembak Piala Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) 2023 dapat menjadi wadah pencarian bibit atlet tembak Indonesia.

“Antusiasmenya sangat luar biasa. Ini adalah bagian rangkaian HUT Paspampres. Lomba ini selain menjadi bagian HUT adalah untuk uji kemampuan dan mencari bibit-bibit atlet penembak Indonesia,” kata Rafael.

Baca juga: Piala Danpaspampres jadi wadah pencarian bibit atlet tembak

Lebih lanjut, Rafael mengatakan hal ini senada dengan komitmen bersama Pengurus Besar Persatuan Olahraga Menembak dan Berburu Indonesia (PB Perbakin) untuk mendukung pembibitan atlet tembak agar dapat berjejaring dan berkompetisi lebih luas lagi di tingkat nasional, sebelum akhirnya melaju ke kancah yang lebih tinggi.

"Saya akan koordinasi lagi dengan PB Perbakin untuk tidak hanya mengadakan (lomba menembak) pada HUT Paspamres saja, tapi juga event-event ke depan untuk kejuaraan-kejuaraan lain,” kata dia menambahkan.

Piala Danpaspamres 2023 diikuti sedikitnya 400 peserta yang berasal dari berbagai wilayah dan kalangan, termasuk masyarakat umum, TNI, Polri, dan anggota Paspampres itu sendiri.

Berbagai nomor menembak yang dilombakan termasuk IPSC, airsoft, air riffle, air pistol, PCP-benchrest, dan Paspampres Style.

Baca juga: Petembak Indonesia TC di Korea dan Jerman jelang Asian Games 2023
Baca juga: Petembak Bekasi sabet emas kejuaraan dunia ISSF World 2023

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023