Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) GM Utut Adianto mengatakan turnamen catur cepat JAPFA Ramadan Cup 2023 menjadi ajang pemanasan peserta menuju kualifikasi Kejuaraan Dunia Zona Asia 2023.

GM Utut Adianto mengungkapkan ajang kualifikasi tersebut bertajuk Asia Zone 3.3 Chess Championship 2023 di Hotel Century, Jakarta, pada 5-13 Mei.

"PB Percasi memiliki agenda besar yang menjadi penyisihan menuju Kejuaraan Dunia Zona 3.3. Pecatur dari 17 negara dari ASEAN hingga Mongolia akan bertanding. Pemenang dan runner-up putra, serta juara putri nantinya berhak mengikuti Kejuaraan Dunia," kata Utut pada penutupan JAPFA Ramadan Cup 2023 di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Minggu.

Baca juga: Turnamen catur cepat Japfa Ramadan Cup 2023 catat peningkatan peserta

Indonesia, lanjut GM Utut, akan menurunkan atlet terbaik yang tergabung pada skuad SEA Games 2021 yang bergulir di Vietnam, tahun lalu, juara nasional terakhir, plus dua pemain yang dinilai mampu bersaing dalam ajang nanti.

"Persaingan akan berat karena akan ada pecatur kelas dunia seperti dari Vietnam, Mongolia, Filipina. Jadi bila kita mendapat satu dari tiga tiket menuju Kejuaraan Dunia itu sudah sangat baik," kata GM Utut menambahkan.

Dalam persiapan menuju ajang tersebut, PB Percasi pun menggelar JAPFA Ramadan Cup 2023 yang memang menjadi agenda tahunan. Lebih dari 300 peserta dari 21 provinsi turut bersaing dalam ajang yang bergulir selama dua hari yakni Sabtu-Minggu (8-9/4).

"Ramadan Cup 2023 menjadi edisi ke-10. Kami tetap konsisten untuk lebih banyak menggelar turnamen agar lebih banyak lagi melahirkan bibit bibit pecatur tangguh di Tanah Air," kata GM Utut.

Baca juga: JAPFA jadikan Kejurnas Catur 2023 untuk uji kemampuan pecatur binaan

Pada Ramadan Cup 2023, juara untuk kategori open adalah IM Yoseph Theolifus Taher yang mengemas delapan poin. Dia mengalahkan FM Arief Abdul Hafiz yang juga mengantongi poin delapan. Yoseph menang solkoff.

Sementara Godwin Liem Bms, Sugeng Prasetyo, dan Ephisien Bts 207 berada di bawahnya dengan sama-sama mengemas 7,5 poin.

Untuk kategori U-16, pemenangnya adalah Agha Faiz Ramdhani yang mengemas 7,5 poin. Dia mengalahkan NM Claudio Lasama yang juga mengumpulkan jumlah poin yang sama.

Lalu untuk kategori U-14 menjadi milik Fatih Winartha dengan 7,5 poin, mengalahkan Imanuel Martogi dan Gervasius Ludwig Setiawan yang juga meraih poin yang sama.

Dalam kesempatan ini Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Surono mengapresiasi penyelenggaraan JAPFA Ramadan Cup 2023.

"Ajang ini sangat luar biasa. Pada bulan Ramadan ini PB Percasi terus menggelar kompetisi yang diikuti ratusan atlet. Kontribusi yang luar biasa untuk mempersiapkan atlet junior, kelompok umur, dan senior. Semoga lebih banyak atlet andalan Indonesia menuju pentas dunia," ujar Surono yang menutup event tersebut.

Baca juga: Indonesia raih "Event of The Year" dalam Asian Chess Summit Abu Dhabi

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023