Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan catur Asian Zone 3.3 Chess Open & Women Chess Championship 2023 yang digelar di Jakarta pada 5-13 Mei akan memperebutkan tiket menuju Piala Dunia.

Ketua Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) GM Utut Adianto meminta pecatur nasional yang diturunkan dalam ajang tersebut dapat meraih tiket menuju Piala Dunia.

"Ada jatah tiga tiket yang diperebutkan menuju Piala Dunia di Baku, Azerbaijan, yang akan digelar Juni hingga Agustus 2023. Tiga tiket itu diperebutkan melalui Asian Zona 3.3 Open & Women Chess Championship 2023," kata Utut dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menurut Utut, PB Percasi telah mempersiapkan atlet terbaiknya tampil di ajang Asian Zona 3.3. Para pecatur tersebut sudah ditempa dalam pelatnas yang ditangani pelatih asal Rusia dan Belarusia.

"Kami berharap dengan persiapan optimal para pecatur nasional tampil sebagai juara. Upaya melecut semangat para pecatur yang tampil, tuan rumah menyiapkan hadiah total 15.000 dolar AS," ujar Utut.

Utut bangga Indonesia dapat kembali menyelenggarakan turnamen catur bergengsi. Tahun lalu, Indonesia menyelenggarakan Asian Youth Chess Championship di Bali, dan mendapat penghargaan sebagai "Event of The Year 2022" pada Asian Chess Summit 2023 bulan Maret lalu di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Baca juga: Indonesia raih "Event of The Year" dalam Asian Chess Summit Abu Dhabi

"Selama ini Indonesia selalu menjadi tuan rumah yang luar biasa, karena mampu memberikan yang terbaik. Dan, saya berharap turnamen kali ini tak hanya bersinar karena penyelenggaraannya, tetapi juga dapat melahirkan pemain-pemain yang akan menjadikan Zona 3.3 menjadi kekuatan yang diperhitungkan di skala global," kata Utut.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB Percasi Kristianus Liem mengatakan sebagai tuan rumah Indonesia menurunkan tim dengan jumlah pemain terbanyak yakni 20 pecatur, yang terdiri dari 12 pecatur putra dan delapan pecatur putri.

Sementara Vietnam berada di urutan kedua dengan 15 pecatur, terdiri dari enam putra dan sembilan putri, disusul Mongolia yang mengirimkan sembilan pecatur yaitu enam putra dan tiga putri.

Asian Zona 3.3 Open & Women Chess Championship 2023 menggunakan sistem Swiss sembilan babak, serta menerapkan aturan atau regulasi yang ketat sesuai turnamen catur internasional.

"Kami berharap pecatur andalan Indonesia Susanto Megaranto, Irine Karisma dan Medina berhasil meraih tiket menuju Piala Dunia," ujar Kristianus.

"Begitu juga para pecatur junior yang diturunkan, bisa menaikkan nilai Elo rating dan norma yang dimiliki. Dengan begitu, event tersebut sangat bermanfaat bagi semua pecatur Indonesia yang tampil di dalamnya," imbuhnya.

Baca juga: Pecatur junior Sulsel perkuat timnas di kejuaraan dunia di Taiwan
Baca juga: Pecatur papan atas bersaing di Indonesia Master 3 Piala Ketua MPR
Baca juga: JAPFA jadikan Kejurnas Catur 2023 untuk uji kemampuan pecatur binaan

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023