Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) mengapresiasi Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) yang kembali dipercaya untuk menyelenggarakan kejuaraan catur bertajuk Asian Zone 3.3 Chess Championships 2023 di Jakarta.

"Kami dari Kemenpora, memberikan apresiasi kepada PB Percasi yang kembali telah ditetapkan oleh FIDE melalui Federasi Catur Asia (ACF) untuk melaksanakan Asian Zone 3.3 Chess Championships 2023 di Jakarta," kata Staf Ahli Hubungan Pusat dan Daerah Kemenpora RI Dwijayanto Sarosa Putera dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Menurut Dwijayanto, kejuaraan tersebut penting karena menjadi ajang memperebutkan dua tiket untuk juara dan runner-up di kelompok Open (putra) dan satu tiket untuk juara di kelompok Women (putri) ke Piala Dunia Catur 2023 yang akan diselenggarakan pada Juli-Agustus 2023 di Baku, Azerbaijan.

"Tentunya kami dari pemerintah berharap ada wakil dari Indonesia lolos meraih tiket ke kejuaraan dunia itu dan yakin bahwa perebutan tiket kejuaraan dunia antar peserta ini dapat berjalan baik dilandasi oleh semangat dan sportivitas," ujar Dwijayanto.

Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto mengatakan bahwa turnamen tersebut memang harus dijalankan pada Mei 2023, sebab pada 30 Mei harus sudah ada nama ke FIDE untuk siklus kejuaraan dunia.

"Ini adalah kejuaraan yang sangat prestisius dan penting. Untuk itu kami akan memberikan yang terbaik kepada seluruh peserta. Saya juga berharap ada wakil dari Indonesia yang lolos dari kejuaraan ini entah Irene, Medina atau Susanto dan yang lainnya," kata Utut.

"Tentu saja ini adalah pertarungan berat dan tiket ke kejuaraan dunia. Terima kasih kepada semua pihak yang membantu, intinya semua kita upayakan yang terbaik. Hadiahnya satu setengah kali lebih besar dari sebelumnya," imbuhnya.

Asian Zone 3.3 Chess Championships 2023 diikuti 58 pecatur dari sembilan negara yakni Malaysia, Thailand, Mongolia, Singapura, Taiwan, Vietnam, Hong Kong, Filipina dan tuan rumah Indonesia.

Kejuaraan tersebut dilaksanakan mulai 5-13 Mei 2023 di Hotel Atlet Century Park Jakarta. Sebagai tuan rumah, Indonesia menurunkan 20 pecatur yang terdiri dari 12 pecatur putra dan 8 pecatur putri.

Zona 3.3 Asia terdiri dari 17 negara anggota FIDE yaitu negara ASEAN, yakni Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Timor Leste dan Vietnam, ditambah Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Macau, Mongolia, dan Taiwan.

Baca juga: Kejuaraan Catur Asia di Jakarta perebutkan tiket menuju Piala Dunia

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023