Judoka putri pada SEA Games lalu kurang dilatih mental saja karena masih muda sudah dapat 'pressure' tinggi,"
Jakarta (ANTARA News) - Cabang olahraga judo berharap dapat meningkatkan prestasi pada SEA Games 2013 dengan membidik dua medali emas dari judoka putri di kelas 45 kilogram dan 57 kilogram.

Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia mengandalkan dua atlet Tery Kusumawardani (kelas 45 kg) dan Ani Pandini (57 kg) yang pada SEA Games 2011 lalu berhasil menyabet medali perak. Sementara tiga atlet lainnya, Ismaya Sari (52 kg), Putu Virginia (52 kg), dan Dewinda (48 kg) diharapkan juga dapat menyumbangkan medali.

"Judoka putri pada SEA Games lalu kurang dilatih mental saja karena masih muda sudah dapat 'pressure' tinggi," kata pelatih nasional judo, Ceto Cosadek, yang ditemui disela-sela tes fisik judoka di kompleks Kemenpora, Senin.

Pada pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara 2011 lalu, cabor judo hanya meraih tiga medali emas dari judoka putra yakni Toni Irawan (55 kg), Peter Taslim (66 kg), dan Horas Manurung (90 kg) serta satu emas hirokata.

Ceto mengatakan,  nantinya akan diturunkan kembali Toni Irawan dan Horas Manurung untuk mempertahankan medali emas sedangkan Peter tidak ikut serta karena kali ini hanya atlet muda yang dikirim.

Sebanyak 42 judoka yang merupakan 200 persen dari atlet pelatnas yang akan turun di SEA Games telah menjalani pemusatan latihan di Ciloto, Lembah Hijau, Jawa Barat sejak Oktober tahun lalu.  Mereka akan diseleksi menjadi 150 persen atau sebanyak 32 orang yang usianya berkisar 17-26 tahun untuk putri dan 18-27 untuk putra lewat kejuaraan Kartika Cup pada Maret mendatang dan seleksi terakhir untuk mendapatkan delapan judoka putra dan delapan judoka putri melalui seleksi internal.

"Persiapan belum maksimal. Setelah tes fisik ini mungkin latihan ditingkatkan dari tiga kali latihan sehari menjadi empat kali," kata Toni, salah satu atlet kelas 55 kg yang menjadi andalan.

Pada tes fisik ketiga kalinya di Satlak Prima, Toni mengaku mengalami peningkatan dari hasil bleep test-nya. Ia juga tengah mempertimbangkan untuk naik kelas.

"Tetapi belum tahu akan naik kelas atau tetap 55 kg karena kalau naik kelas pasti tantangan juga meningkat. Nanti dilihat kans-nya, kalau bisa ambil ya naik," ujar atlet asal Jawa Barat itu yang telah empat kali berpartisipasi di SEA Games.  

(M047)

Pewarta: Monalisa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013