Jakarta (ANTARA) -
Pegulat Indonesia Muhammad Aliansyah menceritakan bahwa dirinya menjalani sebagian besar laga greco-roman kelas 67 kilogram SEA Games 2023, dalam kondisi dililit cedera.

"Di penyisihan itu saya sempat kena beberapa kali kayang, itu kena di dada jatuhnya. Jadi ke final dengan cedera sebenarnya. Sesak sekali nafas saya. Batuk saja sakit," kata Ali saat ditemui setelah upacara penyambutan atlet SEA Games di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu malam.
 
Perjuangan atlet 31 tahun itu kemudian berbuah manis. Ali berhasil memenangi medali emas setelah mengalahkan pegulat Vietnam Bui Manh Hung pada pertandingan final yang berlangsung sengit.
 
Ali kemudian menceritakan perjuangannya pada pertarungan final, ketika situasinya sempat imbang, namun ia berhasil mengamankan raihan medali emas berkat torehan poin yang lebih banyak.
 
"Skornya 5-5. Sebenarnya saya sempat unggul 11-3 sudah menang jauh, sudah menang kalau di gulat hitungan KO, langsung dimenangkan. Tapi tiba-tiba diprotes, poin kembali jadi 5-2. Nah baru Vietnam, saya unggul terus, terus Vietnam mengejar jadi lima sama. Tapi saya karena dapat poin besar saya yang menang," ujar atlet yang telah empat kali memenangi medali emas di ajang PON tersebut.
 
Cabang olahraga gulat menyumbang cukup banyak medali bagi tim Indonesia pada SEA Games kali ini. Total Indonesia mendapatkan enam medali emas, enam medali perak, dan dua medali perunggu untuk menduduki posisi kedua di klasemen umum gulat.
 
Pegulat asal Kalimantan Timur itu memaparkan bahwa kengototannya untuk bertarung sebaik mungkin, didasari tekad untuk membuktikan dirinya masih mampu berprestasi kendati merupakan salah satu anggota tertua di tim gulat SEA Games.
 
"Saya salah satu yang senior juga di gulat ini, yang ditampilkan sekarang. Saya mau membuktikan juga bukan umur yang bisa menghalangi orang berprestasi. Apapun bisa berprestasi asal kita mau. Itu yang bikin saya gak mau kalah sama yang lebih muda," ucap Ali yang meraih medali perak pada SEA Games 2021.


Baca juga: Gulat putri dulang lima medali untuk Indonesia di SEA Games 2023
Baca juga: Ketum PP PGSI sebut ada jasa Prof Amali atas sukses gulat di SEA Games
Baca juga: Gulat langsung lampaui target emas pada hari pertama pertandingan

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023