Bandara SMB II Palembang memastikan pelayanan perjalanan para calon haji maksimal, salah satunya dengan menyiapkan jalur cepat khusus untuk lansia.
Palembang (ANTARA) - Sebanyak 354 calon haji yang tergabung pada kelompok terbang (kloter) Embarkasi Palembang berangkat dari Bandara Sultan Mahmud Baharuddin II Palembang, Sabtu pukul 9.45 WIB.

Executive General Manager SMB II R Iwan Winaya di Palembang, Sabtu mengatakan untuk embarkasi haji dari bandara SMB II Palembang tahun 2023 menggunakan maskapai Saudi Arabia Airline dengan jenis pesawat Airbus 3300 dengan kapasitas 360 penumpang.

Ia menjelaskan sebelum menuju ke Arab Saudi, pesawat tersebut akan melakukan transit di Bandara Internasional Kuala Namu, Kota Medan, Sumatra Utara.

”Pesawat tersebut sebelum menuju ke Arab Saudi itu akan melakukan transit ke Bandara Internasional Kuala Namu yang memakan waktu sekitar 1,5 jam dari Palembang,” jelasnya.

Sesuai dengan arahan pemerintah bahwa calon haji tahun 2023 didominasi oleh para lanjut usia (lansia), maka dari itu Bandara SMB II Palembang memastikan pelayanan perjalanan para calon haji itu maksimal, salah satunya dengan menyiapkan jalur cepat khusus untuk lansia.

”Kami menyiapkan jalur cepat khusus lansia yang menggunakan lift untuk mempermudah para lansia untuk masuk ke dalam pesawat, namun yang diutamakan lansia yang menggunakan kursi roda,” ucapnya.

Selain itu, Iwan juga memastikan bahwa penerbangan calon haji ini tidak mengganggu penerbangan reguler yang ada di Bandara SMB II Palembang.

Sementara itu, Kepala Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya mengatakan pihaknya sudah melakukan pemeriksaan barang calon haji yang berangkat di Asrama Haji Palembang dan memastikan para calon haji tidak membawa barang yang dilarang.

”Kami sudah melakukan pemeriksaan barang para calon haji yang berangkat pada hari ini sejak tadi malam di Asrama Haji Palembang, hal ini juga bertujuan untuk mempercepat para calon haji masuk pesawat ketika tiba di Bandara SMB II Palembang,” kata dia.
Baca juga: Gubernur ingatkan calon haji Sumsel agar saling gotong royong
Baca juga: 355 calon haji kloter pertama Embarkasi Palembang mulai masuk asrama
Baca juga: Bandara SMB II Palembang siap berangkatkan 8.192 calon haji


Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023