"Hari ini kami melaksanakan open base, sebetulnya dari kemarin dan hari ini puncaknya pada tanggal 28 Mei 2023, kami mohon doanya kepada semua khususnya warga Palembang untuk kelancaran, keselamatan dan kesuksesan kelancaran latihan yang akan dilaksa
Palembang (ANTARA) - Ribuan warga antusias melihat alat utama sistem senjata (Alutsista) milik TNI AU di Pangkalan Udara Sri Mulyono Herlambang (SMH) Palembang, Sumatra Selatan, Minggu.

Komandan Lanud SMH Palembang Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo di Palembang, Minggu, mengatakan pihaknya mengundang seluruh masyarakat di kota ini secara umum hadir disini untuk datang bersama-sama menyambut dan menyaksikan Alutsista TNI di Lanud SMH Palembang yang akan melaksanakan tugasnya.

"Hari ini kami melaksanakan open base, sebetulnya dari kemarin dan hari ini puncaknya pada tanggal 28 Mei 2023, kami mohon doanya kepada semua khususnya warga Palembang untuk kelancaran, keselamatan dan kesuksesan kelancaran latihan yang akan dilaksanakan oleh Komando Operasi Satu dan Komando Gerak Cepat yang akan dilaksanakan di pulau Bangka Belitung," katanya.

Dalam open base tersebut, Ia menjelaskan masyarakat Palembang dapat melihat pesawat tempur TNI AU F16, Hawk 100-200, Helikopter Basarnas Dauphin AS365N3+, dan juga Pesawat Hercules.

”Nantinya pesawat ini digunakan untuk latihan yang akan dilaksanakan di Kepulauan Bangka Belitung dan disini masyarakat juga dapat mengambil momen untuk berswafoto langsung dengan pilot pesawat tempur,” jelas Sigit.

Sementara itu, salah satu warga sekitar yang berkunjung Eta (45) mengungkapkan jika dirinya sangat antusias dapat melihat pesawat tempur tersebut yang di Lanud SMH Palembang bersama dengan keluarganya.

"Senang bisa berkunjung ke sini bersama keluarga, apalagi anak-anak sangat antusias untuk melihat pesawat tempur milik TNI AU," katanya.

Menurut dia, kegiatan tersebut juga sebagai bentuk edukasi bagi anak-anak untuk mengetahui bentuk dan jenis pesawat tempur milik TNI AU.

"Kegiatan ini juga menjadi edukasi bagi anak-anak untuk gimana bentuk pesawat tempur secara langsung dan juga bisa berfoto dengan pesawatnya dari dekat" ujarnya.

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023